Berkunjung ke Tasik Tak Lengkap Kalau tak Cicipi TO

0
BERBAGI

TASIKMALAYA, JP.COM: Kalau Anda berkunjung ke Tasikmalaya jangan lupa mencicipi TO alias nasi tutug oncom. Nasi Tutug Oncom memang menu sudah sangat familiar di Tasikmalaya. Salah satu nasi TO yang terkenal dan harganya murah meriah itu adalah milik Ceu Yayah di Jalan Perempatan Ampera (mitra Batik Tasikmalaya.
Ada juga TO yang buka siang hari di Jalan Kolektoran atau kawasan Masjid Agung Tasikmalaya. Warung Tutug Oncom ini memang sudah dikenal banyak orang. Bahkan setiap akhir pekan ramai dikunjungi orang dari luar kota.
Kalau TO Kolektoran hanya buka dari jam 06.00 – 14.00 siang TO milik Ceu Yayah di Jalan Mitra Batik baru buka pukul 00.00 sampai 04.000. Ada juga warung TO yang buka sore hari sekitar pukul 15.00 sampai jam 19.00. Anda bisa menyambangi warung Tutug Oncomnya Ny. Juju di Jalan Dadaha, Tasikmalaya. Nasi Tutug Oncom sendiri terbuat dari oncom yang dipanggang yang kemudian dihancurkan bersamaan dengan kencur, jahe maupun garam dan dicampurkan dengan nasi putih.
TO Tasikmalaya memang harganya murah meriah, cukup merogoh uang Rp 7.000 bisa makan TO dibarengi berbagai gorengan. Seperti tahu,tempe balut tepung, bala-bala (bakwan), telor ceplok, kerupuk dan juga sambal.
Yang istimewa adalah sambalnya ada sambal bajak yang terbuat dari tumisan tomat, kemiri dan cabai merah yang dihaluskan. Pilihan lainnya ada sambal goang yang lebih pedas, karena berisi cabai rawit hijau yang ditumbuk kasar dengan garam lalu disiram minyak goreng panas.(DAR/RID)

LEAVE A REPLY