Inilah Rumah Makan yang Enak di Jalur Banjar-Ciamis

1
BERBAGI

 

CIAMIS, JP.COM- Inilah Rumah Makan Enak dengan menu khas Sunda dan Padang di sepanjang jalur Ciamis-Pangandaran. Jadi tak ada salahnya sepulangnya dari Pangandaran mampir ke tempat makan atau wisata kuliner yang ada di Ciamis.

Inilah tempat makan di Ciamis yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan Pangandaran. Kalau dari arah Banjar menuju Ciamis Anda bisa menikmati es kelapa muda di Rest Area Karangkamulyaan. Sekarang kondisi Rest Area Ciung Wanara ini terasa apik. Pemkab Ciamis sudah menatanya sehingga membuat paranwisatawan nyaman.

Di Rest Area Karangkamulyaan ada objek Wisata Sejarah Ciung Wanara. Bagi yang mempercayainya sumur yang ada di Rest Area Ciung Wanara bisa membuat awet muda. Pengunung Rest Area juga nantinya dimanjakan dengan aneka jajanan yang ada di sana. Tercatat lebih dari 70 kios yang menjajakan aneka jajanan.

Selepas dari Karangkamulyaaan di sepanjang jalan Bojong Kecamatan Cijeungjing banyak penjual aneka buah buahan sepetti rambutan dan nangka. Nah sekitar 400 meter dari tanjhakan Cibeka Anda juga akan menjumpai rumah makan yang sangat terkenal. Bangunannya sederhana, tapi pengunjungnya antre. Rumah makan itu adalah warung jeruk. Baca juga artikel ini NIkmatnya Pepes Ikan RM Warung jeruk. Pemilik Rumah Makan Warung Jeruk sebenarnya mampu membuikin rumah makan permanen bangunannya. Tapi dia tetap mempertahankan RM itu terbuat dari bilik bambu.

Justru pengeloila rumah makan ini malah memperluas lahan parkirnya. Jadi tempat parkir RM Warung Jeruk lebih luas ketimbang rumah makannya. Menu andalan Rumah Makan Warung Jeruk adalah lalapan dan sambalnya. Ada juga aneka pepes ikan yang tak ada di rumah makan lainnya.

Selepas Warung Jeruk di pinggiran Kota Ciamis ada  Rumah Makan Jorozoy. Tempat makan ini terletak di daerah ciamis dalam masuk ke perum kertasari. Tempat nya memang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Nah, suasanya alamnya cocok untuk   keluarga yang merindukan suasana alam pesawahan.

Adapun menu specialny adalah  ikan bakar, mendoan, oseng kangkung/genjer, pencok leunca lalap dll. rumah makan ini juga berdekatan dengan rumah makan yang nyaris sama menyajikan menu ikan yakni RM Torozol.

DI Ciamis juga ada Nasi TO dan Nasi Cikur Nagrak. Tempat makan ini berada  di daerah Nagrak Ciamis atau epan SMP 2 Ciamis, kalau dari arah Bandung sekitar 500m setelah Polres Ciamis, menu yang populer yaitu nasi TO spesial ayam Goreng Dan Nasi Cikur, Cukup murah hanya dengan uang 10 rb anda bisa menikmati Nasi TO komplit. rasanya maknyos..

Dan yang tak kalah serunya adalah di kawasan DPRD Ciamis. Bagi yang lewat Kota Ciamis sore hari pukul 15.30 WIB bisa mampir di kawasan Taman. DI sana ada PKL makanan yang menjaikan beragam menu. Yang khas adalah pecel lele Lamongan. Yang menarik pecel lele ini diual oleh orang Ciamis. Sedangkan harganya pun bisa terjangkau.

Pokoknya anda bisa   menikmati suasana malam di Kota Ciamis, suasananya mirip Marlioboro Jogyakarta. Anda bisa menikmati suasana malam di Ciamis yang memang ramai saat malam apalaiagi akhir pekan. Taman Raflesia Ciamis memang jadi primadona wisata kuliner di Kabupaten yang ingin jadi Kabupaten Tatar Galuh ini.

Ohya di Kawassan Alun-alun Ciamis juga ada Rumah Makan AMPERA. Rumah makan ini memang sudah sangat terkenal. Lagipula pendiri Rumah Makan ini adalah asli Ciamis.

Baca juga H Tatang Sujani Pendiri RM Ampera dari Kaki Gunung Syawal Ciamis

RM AMPERA Ciamis terletak di depan Samping Taman Raflesia/Alun-alun Ciamis. menyajikan makanan khas sunda. Di samping RM Ampera ada RM Masakan Padang Sederhana.

Yang suka mie bakso jangan lupa mampir ke Mie Baso Baso  Agah H. Oding. Tempatnya memang berada di pertigaan Condong Ciamis atau dekat LP Ciamis. Pokoknya kalau pulang dari Pangandaran terlewati.(dadang a rasyid)

 

 

1 KOMENTAR

  1. Jangan lupa kunjungi Rumah Makan COBEK BETI dan SAUNG MIRAH GAPURA. Menu dan rasanya dijamin beda. Di Cobek Beti ada menu Goreng Manuk dan aneka tumis dari jenis kerang seperti TOE, TUTUT dan HAREMIS. Kalo di Saung Mirah Gapura itu yang menonjol itu harganya yang murah alias terjangkau golongan ekonomi menengah ke bawah. So.. patut dicoba.

LEAVE A REPLY