Rita Tila Sedih Nyanyikan Lagu Ceurik Jatigede

rita tilaBANDUNG, JP.COM- Penyanyi sunda  Rita Tila mengaku sedih dengan korban Jatigede Sumedang. Rita yang juga menyanyikan Lagu Ceurik Jatigede karya Asep Anang Supriatna ini merinding saat menyanyikan lagu tersebut.

“Saya saat itu dihubungi Kang Tatang Sutarna untuk menyanyikan lagu Ceurik Jatigede, Kang Tatang yang jaksa itu kan warga orang terkena dampak jatigede juga,” kata enyanyi kelahiran Sukabumi, 16 Desember 1984 ini.

Lagu ini memang mengajak warga OTD untuk mengenang kembali kampung halamannya yang tenggelam direndam air.  Proses penggarapan album itu sebenarnya dilakukan pada tahun 2012 menjelang Pilkada Sumedang. Kerja keras Asep Anang Supriatna bersama Bentang Sumedang manajemen itu ternyata membuahkan hasil. Saat itu Asep menggandeng H Maman Juherman dan Pemred Sumedang Ekspres Dadang A Rasyid untuk menggarap lagu tersebut. Maka H Tatang Sutarna bersedia jadi sponsor.
“Jujur saja lagu itu saya persembahkan untuk rakyat Sumedang, bukan untuk komersil. Mudah mudahan menjadi kenangan bagi warga Sumedang,” katanya.
nda dulu,” tutur Rita sebelum tampil di Gedung New Majestic, Jln. Baraga, Kota Bandung.

Rita yang mewarisi darah seni dari ibunya, penyinden beken di dekade 1980-an, Iis Rohiati, ini memang sangat hebat menyanyikan lagu Sunda. Jadi saat menyanyikan lagu ceurik Jatigede Rita Tila sangat menghayatinya.

Mahasiswi Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Pendidikan Indonesia ini mengungkapkan,  albumceurik Jatigede memang isinya adalah lagu tentang Sumedang tapi tak dijual bebas. Waktu itu H Tatang Sutarna membagi-bagikan keping cd tersebut sebagai media kampanye. Seperti diketahui H Tatang Sutarna adalah calon Bupati Sumedang pada Pilkada tahun 2012. Namun Tatang kalah oleh pasangan H Endang Suhendar dan Ade Irawan. (der)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here