Inilah Lima Usaha Makanan yang tak Pernah Mati di Tasikmalaya

TASIK, JP.COM-Inilah lima usaha makanan yang tak pernah mati meskipun kondisi ekonomi sedang sulit. Di Kota Tasikmalahya lima usaha ini mengantarkan pengelolanya sejahtera. Tapi memang tak mudah untuk sukses dalam menjalankan usaha tersebut.

Lima usaha tersebut adalah:
1 Usaha Bakso dan Mie Ayam
Jenis usaha ini banyak dijumpai di Tasikmalaya dan sekitarnya. Saking antusianya masyarakat Tasik, puluhan warung baksos berjejer di kota Tasik. Salah satu bakso terkenal adalah bakso SR dan Mie Bakso Laksana. Ada juga bakso Mas Wiji di jalan mitra batik. Masing-masing penjual bakso dan mie ayam memiliki rasa berbeda dan rasa tersebut yang menilai pembeli. Jika cocok dengan lidah pembeli maka mereka akan kembali lagi.

2.Usaha Nasi Goreng

Nasi goreng memang ada di mana-mana. Di Tasik yang enak adalah di Jalan Mitra Batik. Rata-rata satu porsi harga yang ditawarkan Rp 10.000. Cara berjualan nasi dan mie goreng bisa dimangkal di satu tempat atau berkeliling. Jika dikelola dengan baik usaha ini bisa memiliki kelas dengan merk dagang yang dapat bersaing dengan makanan cepat saji lainnya. Anda bisa kembangkan usaha ini dengan penambahan bentuk sajian dan rasa. Misalnya, ada nasi goreng kambing, pete, ayam, nasi goreng ijo, nasi goreng teri, sosis, ati ampela, bahkan nasi goreng gila yang rasanya super pedas. Sedangkan mie goreng juga bisa dibuat variasi sesuai selera pembeli. Usaha Goregan Jenis usaha goregan juga tetap dicari oleh pembeli yang ingin menikmati cemilan yang murah meriah.

3.Aneka gorengan
Orang Indonesia memang suka ngemil. Dan mereka suka gorengan. Nah di kota Tasikmalaya banyak sekali penjual gorengan di pinggir jalan. Jensinya mulai dari goreng tempe, tahu, pisang, sukun, cireng, comro, misro, bakwan atau bala-bala dan masih banyak lagi yang bisa Anda buat. Namun kalo usaha gorengan dibuat dengan satu varian saja, misalnya seperti usaha goregan pisang kipas yang sempat booming, usaha ini bisa hilang setelah trennya hilang. Karena pembeli juga akan merasa bosan dan akan beralih ke jenis gorengan lain.

4. Usaha Martabak
Salah satu martabak yang terkenal di Kota Tasikmalaya adalah Martabak Ramayana. Wah pelanggannya berjubel. Urang Tasik khususnya memang suka sekali martabak manis. Harga jual makanan martabak juga bervariasi mulai dari yang murah sampai yang mahal. Dipingir jalan saja, ada martabak dengan harga jual mulai Rp.9.000,- sampai dengan Rp30.000,- bahkan bisa lebih tergantung jenis martabak yang dijual. Varian martabak bisa dibuat berbagai pilihan rasa sesuai kesukaan pembeli. Dan jenis martabak yang dijual bisa bervariasi, misalnya martabak manis dan martabak telor.

5. Warung Pecel lele dan ayam goreng
Penjual pecel lele di Tasikmalaya didominasi oleh wong Lamongan. Ya pecel lele Lamongan ini memang sangat terkenal dan banyak dijual di setiap sudut kota Tasikmalaya. Meski banyak, tapi yang memberdakan adalah rasa sambalnya pas dilidah pembeli karena rasa sambal tiap penjual pecel lele berbeda-beda. Saya pernah temuai rasa sambal pecel lele yang sangat enak, pedah dan gurih. Tenyata kuncinya adalah memakai kacang mede sehingga tekstur sambalnya berbeda dengan sambal pecel lele ditempat lain yang pernah saya jumpai. Usaha pecel lele sering kita temui mulai dari pingir jalan sampai yang memiliki outlet yang bagus disebuh ruko atau pusat perbelanjaan. Bahkan usaha ini jika berkembang bisa di buat frencise Itulah 5 usaha yang bisa Anda pilih jika ingin berbisnis makanan. Lain waktu saya akan tulis usaha lainnya yang memiliki peluang cukup bagus. (der)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here