Artis Evi Tamala Dibidik Lagi untuk Ikut Pilkada Kota Tasik

TASIK, Tasikmalaya memang gudang artis dangdut. Makanya untuk meraih suara dalam Pilkada Kota Tasikmalaya 2017, sejumlah artis dibidik untuk dijadikan calon bupati atau wakil bupati oleh sejumlah parpol.

Nama Evie Tamala kembali disebut-sebut bisa menjadi  alternatif calon Wakil Walikota Tasikmalaya. Menurut pengamat politik Tasikmalaya, Asep M Tamam, pemilihan artis sebagai cawabup para incumbent berpotensi meraup suara tinggi. Contoh, Ahmad Heryawan sukses jadi Gubernur Jabar untuk kedua kalinya,  karena memilih artis Dedi Mizwar. “Kultur Jawa Barat memang demikian, selalu pilih figur artis,” katanya.

Menurut dosen IAIC Cipasung ini, tokoh dari kalangan artis bisa meraup suara dari pemilih yang mementingkan emosionalitas. Artinya pemilih yang tidak melihat siapa tokoh tersebut, melainkan dilihat dari tingkat keterkenalan calon tersebut.

Hasil analisanya, pemilih yang mementingkan emosionalitas di Kota   Tasikmalaya kurang lebih mencapai 50 persen. Jabar orang Tasik memilih pasangan Dede Yusuf- Lasmana. Mereka lebih memilah calon yang benar-benar bisa membawa kebaikan pada masyarakat. Adapun, pemilih ideologis, kata dia, adalah pemilih yang mempunyai pegangan teguh terhadap satu partai dan siapa pun calonnya pasti mereka dukung.

“Yang tetap adalah  pemilih yang ideologis tidak akan bisa diganggu gugat untuk berpaling ke yang lain, beda halnya dengan yang emosionalitas,” tuturnya.

Adapun artis yang layak dijadikan alternatif pasangan incumbent di Kabupaten Tasikmalaya seperti Evie Tamala, Caca Handika, Iceu Trisnawati, Alam dan artis lainnya. Mereka akan menjadi pembeda dalam Pilkada 2015 jika digaet oleh partai politik.

“Tapi semuanya itu kembali kepada mekanisme partai politiknya sendiri untuk menentukan calon,” pungkasnya. (jir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here