Sukses Bisnis Baja, Miliarder Ciamis Bangun Mega Wisata Icakan

0
BERBAGI

CIAMIS,JP.COM- Setelah sukses bisnis baja, H Maman membangun kawasan wisata di kampungnya di kaki Gunung Syawal Ciamis. Tepatnya di di Kampung Cikacang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis (sekitar 6,5 km dari pusat kota Ciamis).

Lokasi Icakan awalnya adalah sebuah bukit berlembah yang tak digarap. Tapi memiliki pemangandangan yang menakjubkan serta hawanya sejuk. Berada di kaki Gunung Syawal. H Maman yang lama di perantauan menginvestasikan uangnya untuk membeli tanah di Ciamis. Sehingga tanah yang dikuasai di kawasan Cikacang kurang lebih 200 hektar.

Kalau sebagian besar orang menggarap tanahnya untuk lahan perkebunan, H Maman Justru ingin menjadikan kawasan itu sebagai tempat wisata. Apalagi pemandangan alam di kawasan tersebut sangat sejuk. Dengan pemandangan sawah yang menghampar hijau. Ide itu disampaikan kepada rekann rekannya dan ahli pariwisata. Dan pada tahun 2008 pembangunan mulai.

Alat berat dikerahkan dengan melalui jalan kampung setapak, semula sejumlah warga menganggap ide membangun wisata di pelosok sangat mustahil. Bahkan ada yang menganggap kawasan tersebut adalah tegal jin yang menyeramkan. Namun H Maman tetap optimis dengan mimpinya. Pembangunan dikebut dan pada tahun 2010 sebagaian wahana wisata telah rampung. Baru setahun kemudian yakni tahun 2011 Mega Wisata Icakan dibuka. Namun fasilitas lainnya masih dikerjakan.

Baca juga: H Maman Miliarder Asal Ciamis Pemilik Mega Baja Grup

Dari rencana  kawasan wisata lahan seluas   70 hektare itu sampai saat ini baru digarap 15 hektare. Di lahan seluas 15 hektar tersebut telah dibangun beberapa wahana wisata seperti beberapa wahana  wisata masing-masing,  Waterboom,Danau Buatan Icakan Flaying Fox, Kereta wisata: Rp. 10.000, Monster rat, Wahana Sepeda Air, Cinema 3D, Cinema 4D dan sirkuit motorcros.

Ada juga fasilitas penunjang lainnya seperti Mesjid Baeturrahman yang berdiri megah, beberapa Toilet bersih, Sarana Bermain anak, sarana Outbond, sarana camping, atau kalau anda pengen melangsungkan pernikahan di kawasan ini, anda bisa menyewa tempat yang tersedia untuk resepsi pernikahan.

Rute Menuju Mega Wisata Icakan

Dengan kendaraan pribadi, dari arah Bandung, Tasikmalaya, Banjar, atau Jawa Tengah bisa masuk ke arah Cirebon atau Kawali dari Alun-Alun ciamis. Dari Alun-Alun Ciamis terus melaju sampai menemukan Jalan utama menuju Mega Wisata Icakan. Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, naik angkot 016 Jalatrang-Ciamis dari Alun-Alun Ciamis.(ajg)
Sumber:icakan

LEAVE A REPLY