Inilah 7 Rest Area Favorit di Jalur ke Objek Wisata Pangandaran

0
BERBAGI
google.co.id

BANJAR,JP.COM- Kalau Anda hendak berlibur ke Pangandaran dari Jakarta dan sekitarnya atau Bandung, tak usah khawatir terdapat rest area di sepanjang jalur ke Objek Wisata Pangandaran. Rest Area tersebut terdiri dari rumah makan, SPBU, dan masjid. Jurnalpriangan.com mencatat ada 7 rest area yang kerap diajdikan tempat istirahat oleh para wisatwan menuju Pangandaran.

Inilah dia:

1. SPBU Gentong
Wisatawan Pangandaran biasanya kerap beristirahat di SPBU Gentong Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. Posisinya setelah Rumah Makan Gentong sekitar 2 kilometer. SPBU milik PO Budiman Grup ini biasanya ramai terutama menjelang akhir pekan. Fasilitas yang disediakan berupa toilet, warung kopi, masjid, ATM Bersama dan tentunya pengisian bahan bakar. Suasananya nyaman
karena memang di bawah pohon rindang. Maksudnya berada di kaki bukit.
Apalagi setelah melewati jalan gentong yang naik turun dan berkelok. Jadi SPBU Gentong cocok untuk tempat istirahat wisatawan.

2. Kawasan Masjid Itje Jamanis

Masjid Baiturohman atau lebih dikenal Masjid Itje karena memang dibangun oleh pedangdut Itje Trisnawati memang kerap ramai dikunjungi wisatawan.
Mobil pariwisata berjejer di sana terutama setiap akhir akhir pekan.
Wisatawan menuju dan dari Pangandaran bisa belanja kerajinan Tasikmalaya
atau beristirahat di Masjid tersebut. Yang mau makan juga ada RM Pananjung dan Pusat Oleh-oleh Arjuna milik Mega Baja Grup. Kondisi Masjid Baiturahman kini lebih rapi karena PKL sudah ditertibkan. Areal parkirnya juga sangat luas.

3. RM Bakso SR H Odin
Kurang lebih 2 Kilometer dari kawasan Masjid Itje, Anda akan akan memasuki Jalan layang Rajapolah. Di sana ada Rumah Makan terkenal yakni Mie Bakso SR. Areal parkir di rumah makan tersebut sangat luas. Cocok untuk wisatawan rombongan. Berbagai fasilitas juga ada, seperti toilet, aneka souvenir. Yang boleh dicoba adalah baksonya. Selain bakso ada juga makanan khas Sunda dengan sistem parasmanan, jadi tak usah nunggu lama kalau mau pesan makanan.

Baca juga: Fasilitas Lengkap di Rumah Makan dan Mie Baso SR Rajapolah

4. Rest Area Sukahaji Cihaurbeuti

Sedikitnya ada 7 Rumah makan yang enak rasanya di kawasan Sukahaji Cihaurbeuti, Ciamis. Lokasinya memang masih berada di kawasan jalan Layang Cihaurbeuti. Jadi tidak melalui jalur Tasikmalaya. Ada juga Masjid Sukahaji yang bisa menampung 300 jamaah. Parkirnya juga luas. Kalau yang mau tambah angin atau ganti oli ada juga bengkel di kawasan itu.

5. Alun-alun Ciamis
Bisa jadi alun-alun yang paling besar di wilayah Priangan atau Jawa Barat adalah alun-alun Ciamis. Fasilitasnya juga lengkap dan merupakan pusat keramaian bagi warga Ciamis dan Tasikmalaya bagian timur.

Biasanya saat musim Alun-alun Ciamis kerap menjadi rest area dadakan. Posisinya memang strategis berada di pusat kota serta di lintasan jalan nasional. Ratusan PKL makanan dan minuman berjejer di sana.
Alun-alun Ciamis juga bisa untuk melepas lelah sambil mengasuh anak. Karena memang disana ada delman domba. Bukan itu saja bagi yang suka selfi
Taman taman raflesia di Alun-alun Ciamis cukup indah dipandang, banyak dari pemudik sengaja mengabadikannya lewat kamera ponsel sebagai latar belakang foto.

Fasilitas umum juga ada di kawasan Alun-alun Ciamis ada kantor pos, dan SMPN 1 Ciamis, di sebelah selatan ada gedung DPRD sementara di sebelah barat berdiri bangunan megah Masjid Agung Ciamis, Mesjid ini didirikan pada tahun 1995.

6. Rest Area Karangkamulyaan

Masih di Kabupaten Ciamis, Rest Area Karangkamulyaan menjadi favorit wisatwan lokasinya di Desa Karangkamulyaan Kecamatan Cijeungjing. Lokasi peristirahatan di jalur menuju Pangandaran atau jalur selatan Jabar itu tepatnya di lahan parkir objek wisata situs Karangkamulyan, atau sekitar 80 kilometer menju Pangandaran.

Selain melepas lelah, rest area yang berdekatan dengan muara Sungai Citanduy dan Sungai Cimuntur itu juga menjadi tempat jajan makanan khas daerah itu. Lokasinya memang berada di bawah rindang pepohonan berusia ratusan tahun. Pokoknya menyajikan kesejukan dibanding lokasi lainnya. Wisatwan juga bisa jalan-jalan masuk ke lokasi situs peninggalan Prabu Ciung Wanara dari kerajaan Galuh.

Di gerbang menuju Rest Area itu juga ada Gong Perdamaian Dunia berukuran besar yang merupakan bekas peninggalan peringatan HUT KAA ke-55 tahun 2005 lalu.

Goong ukuran besar itu ditempeli sejumlah bendera dari negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

7. Rest Area Banjar Atas

Sebenarnya Reat Area Banjar atas alias (BA) ini adalah kawasan baru di Kota Banjar. Bekas lahan Perhutani ini semual kerapa dijadikan tempak mangkal para PKL makanan. Lokasina di Jalan Brigjen M Iasya, Parungsari, Kota Banjar Patroman. Berada di Jalur lintasa Pangandaran atau pertigaan antara Pangandan dan menuju ke Jawa Tengah. Cocok sekali untuk melepas lelah setelah menempuh perjalanan panjang. Kerap dijadikan nongkrong anak muda.

Suasanya sangat sejuk dan nyaman, wisatawan juga bisa sembari mencicipi hidangan khas Kota Banjar di rindangnya epohonan BA.

Nah itulah tujuh rest area Favorit di sepanjang jalur menuju Pangandaran. (dar)

baca juga; Daftar Rumah Makan Enak di Jalur Banjar-Ciamis

LEAVE A REPLY