Kuda Renggong Bukan Hanya Milik Warga Sumedang

0
BERBAGI

SUMEDANG-Dulu kesenian Kuda Renggong bukan hanya milik warga Sumedang Jawa Barat. Kalau ada acara sunatan (khitanan) biasa ditanggap (ditampilkan). Memang asalnya dari Sumedang tapi orang Tasik, Ciamis dan Garut biasa nanggap kuda renggong yang sengaja didatangkan dari Sumedang.

Kesenian Kuda Renggong aslinya dari Desa Cikurubuk, Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang. Ini adalah kesenian rakyat yang ada sejak zaman dulu. Kuda dan Renggong adalah perpaduan kata dari kuda dan ronggeng yang artinya keterampilan.  bisa diartkan penari. Jadi kuda rongeng bisa diartikan kuda yang bisa nari. Memang benar kuda renggong akan menari ketika mendengakan alunan musik Sunda. Diiringi dengan ibing (joget) para pendamppingnya.

Biasanya kuda renggong ini ditampilkan saat syukuran anak yang telah dikhitan. Pengantin khitan itu dikariakeun atau dihibur dengan kuda ronggeng. Dengan memakai pengantin sunat pengantin dinaikan ke kuda lalu diarak keliling kampung.Sepanjang perjalanan kuda  akan menari berjingkrak-jingkrak  diiringi tabuhan musik dari rombongan grup kesenian yang mengiringinya.

Rombongan arak-arakan Kuda Renggong terdiri dari  2 sampai 8 ekor kuda. Jumlah kuda yang diarak sebenarnya tergantung bayaran yang punya hajat. Setelah puas keliling kampung  bahkan akan ditampilkan  atraksi yang selalu ditunggu-tunggu  yaitu atraksi kuda silat.

Atraksi kuda silat ini memakai kuda khusus yang dilatih untuk berduel dengan sang majikan. Kudanya memang jurus-jurus silat layaknya untuk berkelahi. Si kuda bisa dan menyerang dengan kaki depannya. Lawan tanding si kuda  adalah pawangnya sendiri, jadi mungkin kudanya sudah mengerti bahwa jurus silat dan perkelahian yang dilakukan dalam atraksi tersebut bukan untuk melukai tapi hanya untuk pertunjukan seni, dan hebatnya kuda-kuda itu seolah benar-benar mengerti, bisa dibayangkan jika kuda nya tidak mengerti hal tersebut, mungkin sudah berapa korban pawang yang berjatuhan. Kesenian ini mengggambarkan kedekatan sang kuda dengan pawangnya(ign)

LEAVE A REPLY