Waduh RSUD Tasik Kebanjiran, Pasien Kelabakan

2
BERBAGI

TASIK-Hujan yang mengguyur Kota Tasikmalaya dan sekitarnya Sabtu (26/11.2016) sejak pukul 14.00 hingga 16.00 mengakibatkan sejumlah jalan di Kota Tasikmalaya kebanjiran.Bahkan Rumah Sakit Umum Daerah dr Soekardjo Tasikmalaya terendam banjir dengan ketinggian air mencapai setengah meter. Sejumlah pasien RSUD tampak panik ada juga yang dievakuasi.

“Pasien panik karena air makin tinggi. Mau mengevakuasi ke mana yang ada kami kebingungan,” kata Neneng salah seorang pembesuk pasien.

Informasi yang dihimpun daeri sejumlah pembesuk pasien RSUD, air yang masuk RSUD akibat drainase di jalan Rumah Sakit tak bisa menampung air sehingga air setinggi 50 hingga 100 meter masuk ke rumah sakit. Bukan itu saja jalan utama di Kota Tasikmalaya juga lumpuh total, seperti di jalan HZ Mustafa, Jalan Rumah Sakit, Jalan Empang di Kecamatan Cihideung. Rumah warga di Paseh, Cihideung, dan Jalan Cilolohan, Kecamatan Tawang juga terendam banjir setinggi satu meter.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tasikmalaya Sony Sudrajat mengatakan, genangan air di sejumlah jalan protokol dan RSUD dr. Soekardjo hanya berlangsung kurang lebih satu jam. Genangan terjadi karena tingginya intensitas hujan dan drainase tak berfungsi.

“Ya benar memang rumah sakit kebanjiran tapi saya berusaha untuk mengamankannnya, hanya genangan yang parah ada di depan rumah sakit saja,” ucap Sony.

Sony meminta warga Kota Tasikmalaya meningkatkan kewaspadaan hingga Desember mendatang, pasalnya, hujan dengan intensitas tinggi diprediksi akan terus terjadi.

“Kita sudah koordinasi dengan dinas terkait juga terkait penanganan banjir ini. Kami juga minta masyarakat bergotong royong untuk mengatasi sedimentasi sungai. Soalnya sebagus apapun drainase, kalau sungainya dangkal tetap banjir,” pungkas Sony.(ird)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY