Hoax..! Warga Ciamis Jalan Kaki ke Jakarta Mau Demo

6
BERBAGI

CIAMIS-Video di Youtube atau FPI TV yang mengklaim bahwa akan ada  10 ribu warga Ciamis  jalan kaki ke Jakarta itu baru rencana saja atau bisa dibilang hoak.

Buktinya sejumlah Pesantren di Ciamis tak tahu menahu hal itu. Lantas darimana massa sebanyak 10 ribu tersebut? Sekretaris GP Anshor Jawa Barat Johan Anwari mengatakan, sejumlah pesantren di Ciamis tak akan demo ke Jakarta.

“Kalau warga NU Mah ngak akan ke Jakarta, di Ciamis basis NU loh, kalau pun di luar NU ngak mungkin ada 10 ribu apalagi jalan kaki,” kata Johan yang asli orang Ciamis.

Eki Kusumabrata pengurus Organda Kabupaten Ciamis juga membatah ada larangan dari pihak tertentu untuk mengangkut massa ke Jakarta. Menurut Eky secara resmi pihaknya tak mendapatkan tekanan atau larangan. “Di Ciamis ini kan banyak perusahaan bus besar,” kata Eki pengurus bus Gapuraning Rahayu.

Di Youtube memang beredar pernyataan dari Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Ciamis, bahwa ada sebanyak 10 ribu warga Ciamis yang akan ke Jakarta dengan jalan kaki. Pemberangkatan dimulai Senin (27/11/2016 besok) dari Masjid Agung Ciamis.

Mengapa berjalan kaki? karena menurut ketua GNF MUI Ciamis yang didalam Youtube tersebut tak menyebutkan namanya, bahwa beberapa Perusahaan Otobus (PO) di Ciamis dan Tasik ditekan oleh pihak-pihak tertentu untuk tidak mengangkut massa aksi bela Islam III  ke Jakarta.

video yang berdurasi sekitar 1 menit 49 detik itu, ada sekitar 4 orang. Tapi sejumlah santri di Kabupaten Ciamis belum mengetahui dan belum memastikan akan ikut ke Jakarta. “PO Bus ditekan 10.000 Jamaah Ciamis jalan kaki ke Jakarta ikut aksi 212. Subhanallah Dahsyat Sekali semangat membela Islam dari Jama’ah Ciamis.

Meskipun PO BUS atau Rental Sewa Transportasi ditekan oleh pihak pihak tertentu supaya tidak menyewakan kepada peserta Aksi Bela Islam 2 Desember, kalau tetap menyewakan, maka ada ancaman izin usahanya dicabut, Namun 1001 cara dan jalan masih banyak menuju Jakarta,” ujar lelaki yang menggunakan jas putih da peci putih itu.

Baca:

Kiprah KH Nonop Hanafi Inisiator Aksi Jalan Kaki ke Jakarta Umat Islam Ciamis

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI memang akan menggelar unjuk rasa. Hal tersebut dibenarkan Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar.

“Kepolisian hingga sampai saat ini melihat pelaksanaan unjuk rasa adalah bagian dari hak warga masyarakat. Yang penting hindarilah unjuk rasa yang menggangu ketertiban umum,” jelas Boy Rafli, Minggu (20/11/2016), seperti dikutip dari Detik.

Aksi bela Islam yang ketiga ini dikarenakan Basuki T. Purnama (Ahok) tidak ditahan atas kasus penistaan agama tersebut. Oleh karena itu, unjuk rasa kali ini bertemakan Aksi Damai dan Doa untuk Negeri.

Boy juga mengatakan, untuk demonstrasi 2 Desember ini para pendemo akan kembali melewati jalan-jalan protokol seperti  Jalan Thamrin dan Jenderal Sudirman.

Oleh karena itu Boy berharap aksi ini berjalan dengan tertib dan tidak mengganggu aktivitas. Boy sendiri akan menurunkan pengamanan lebih ketat. (her)

6 KOMENTAR

  1. Klo mau nulis sesuatu itu yang pasti, sesuai fakta, yang hoax yang bohong itu yang buat informasi ini, buktinya ribuan jamaah Ciamis berjalan kaki menuju Jakarta. Malu atuh

LEAVE A REPLY