Kiprah KH Nonop Hanafi Inisiator Aksi Jalan Kaki ke Jakarta Umat Islam Ciamis

CIAMIS– Siapa yang tak kenal KH Pimpinan Ponpes Miftahul Huda 2 Ciamis KH Nonop Hanafi. Dia adalah sosok kiyai Istiqomah dakam menegakan amar makrup nahyi munkar di Kabupaten Ciamis. Penerus Ulama Kharismatik Ciamis KH Umar Nawawi ini memang begitu getol menyoroti permasalahan umat termasuk dalam kasus penistaan agama ini.

Dia bahkan salah satu inisiator untuk aksi jalan kaki ribuan ummat Islam ke Jakarta untuk ikut serta dalam aksi bela Islam III. Semua yang dilakukannya bukan karena faktor lain seperti politik dan dibayar. Namun KH Nonop melakukanya karena ingin menegakan Amar Makruf Nahyi munkar dan menegakan rasa keadilan masyarakat.

“Maksud dan tujuan warga Ciamis ke Jakarta adalah ingin memberikan pesan agar Ahok segera diberi keadilan hukum, sebab penista agama langsung di tahan Saya membantah ada muatan politik dalam aksi ini. Ini murni sebagai respons umat atas penistaan agama yang dilakukan Ahok,” katanya.

baca:

Jalan Kaki ke Jakarta, Umat Islam Ciamis Minta Ahok Dipenjara

Bukan kali ini saja KH Nonop melakukan aksi bela Islam. Menantu dari KH Umar Nawawi ini memang sebelumnya getol menggelar aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk korban agresi militer Israel terhadap warga Palestina di jalur Gaza. Saat itu dihadiri Syekh Mahmud, salah seorang waga Palestina.

KH Nonop juga berhasil meyakinkan Bupati Ciamis H Iing Syam Arifin untuk ikut serta menggalang dana dan peduli terhadap Palestina. KH Nonop juga kerap jadi kordinator aksi lapangan untuk aksi memberantas maksiat di Ciamis. Namun KH Nonop juga sangat menolak kekerasan.
Contohnya ketika aksi oknum ormas islam yang menggruduk kantor Bupati akibat kedapatan 5 PNS nyemen di warung makan, pada saat razia yang dilakukan salah satu ormas islam di bulan Ramadhan pada siang hari?. Saat itu Bupati Ciamis Iing Syam Arifin dimaki-maki. Kejadian itu memicu protes dan kecaman di media sosial.

Disaat situasi memanas, bersama para ulama Ciamis diantaranya pengasuh pondok pesantren Darussalam KH. Fadlilyani Ainusyamsi atau akrab dipanggil Ang Icep, KH. Ahmad Hidayat pimpinan ponpes Cijantung, KH Saeful Uyun, KH. Syarif Hidayat, KH Mashum, KH Ali, tokoh masyarakat serta tokoh agama lainnya, KH Nonop ikut silaturahmi dan mendamaikan ormas tersebut.

Sekilas Pondok Pesantren Miftahul Huda II

Ponpes ini berdiri 1 November 1976 di Desa Bayasari Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Nama Miftahul Huda diambil dari nama Pondok Pesantren Yang berada di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya pesantren besar yang didirkan KH Choer Afandi. Pembangunan Miftahul Huda II, dirintis ulama Kharismatik KH Umar Nawawi dan KH Syadzili
(masih Kerabat).

Miftahul Huda II pada awal pendiriannya sangat sulit. Berada di lokasi rawan banjir karena beada di pinggir sungai. Seiring perjalanan waktu saat ini jumlah santri sudah mencapai 2300 orang yang datang dari berbagai kota di Indonesia. (nan/der)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here