BERBAGI

KAB TASIK-Tasikmalaya bukan hanya terkenal dengan bordir dan kelom geulisnya. Tapi di Kabupaten Tasikmalaya ada beberapa komoditas perkebunan unggulan. Inilah lima komoditas unggulan di Kabupaten Tasik.

Kelima komoditas itu adalah Kelapa, Teh, Cengkeh, Kopi dan Aren. Kelapa berlokasi di Kecamatan Cikalong, Cipatujah, Karangnunggal, Cibalong, Cikatomas dan Pancatengah.

Kelapa sebagai bahan baku keperluan rumah tangga, gula Kelapa sebagai bahan baku pabrik Kecap dan industri makanan ringan pada umumnya, Kopra sebagai bahan pabrik minyak melalui pasar bebas.

Sementara Teh berada di Kecamatan Taraju, Bojonggambir, Sodonghilir, Sukahening, Pagerageung dan Salawu. Sedangkan Kopi terdapat di Kecamatan Karangnunggal, Salopa, Cibalong, dan Bojonggambir.

Cengkeh di Kecamatan Cineam, Kadipaten, Karangnunggal, Cipatujah, Salopa, Bojonggambir. Dijadikan bahan baku pokok industri rokok yang dipasarkan melalui pasar bebas.

Sedangkan penghasil Aren Kecamatan Culamega, Kadipaten, Cigalontang, Sodonghilir, Cineam, salawu, Sukahening dan Pagerageung.

“Harus diakui Kabupaten Tasikmalaya memang memiliki kekayaan alam yang berlimpah, kelima komoditi perkebunan tersebut gambaran bahwa didisini tersimpan banyak hasil perkebunan yang bisa menjadi penghasilan,” kata Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto.

LEAVE A REPLY