Desain Interior Bandara Husein Mantap, Siapa Desainernya?

BANDUNG-Siapakah yang mendesain interior terminal penumpang internasional Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung? Ternyata adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Terminal penumpang yang bakal diresmikan awal Januari 2016 ini memang sejak awal desainnya ditangani Emil.

“Pak Emil memang banyak bantu. Desain terminal domestik juga beliau yang buat. Pak Emil juga membantu menyediakan pagelaran budaya pada akhir pekan. Nah untuk desain¬† terminal penumpang internasional, kita pun akan minta bantuan ke Pak Wali Kota,” kata General Manager PT Angkasa Pura II, Dorma Manalu saat ditemui di sela-sela acara diskusi di Hotel Savoy Homan, Jalan Asia Afrika kota Bandung, Senin (5/12/2016).

Kenapa Kang Emil yang dipilih? Sebab Emil adalah arsitek. Lagipula yang membuat desain terminal domestik adalah kang Emil maka yang bikin desain terminal internasional juga harus Kang Emil. Mulai dari desainnya hingga interior yang akan ditonjolkan di terminal internasional tersebut.

“Ini kan soal taste. Soal pasang ornamen atau lukisan sih gampang, tapi apakah sesuai dengan taste atau tidak. Sekalian juga sama musiknya, kan gak mudah apalagi saya bukan orang sunda. Nanti segera kita diskusikan dengan Dinas Pariwisata Kota Bandung,” terangnya.

Dorma tak memungkiri jika dalam waktu mendatang  akan ditingkatkan dari desain maupun interior di terminal internasional. Meski dengan konsep yang sama, namun cakupan untuk terminal internasional akan lebih menonjolkan ke-Jawa Barat-an.

“Jadi lebih luas lah di terminal Internasional, lebih ke Jabar. Meski intinya masih Kota Bandung. Nanti kalau ada lagi lokasi, kita siapkan juga promosi untuk Jawa Barat dan kota lain,” tegasnya.

Terminal Banadar Husein  memiliki arsitektur yang cukup unik, dinamakan Julang Ngapak. Bandara didesain dengan arsitektur modern dan atak khas tradisional Sunda, Julang Ngapak itu memiliki fasilitas layanan yang baru. Dengan ruangan lebih lapang dan ruang tunggu lebih luas itu Dorma Manalu menjamin tingkat kenyamanan calon penumpang maupun penumpang yang tiba di Bandara itu lebih baik lagi.

Terminal Bandara Husein itu dibangun dalam nuansa modern dan bernuansa warna cokelat. Selain memiliki meja layanan untuk check in dan boarding lebih banyak, juga dilengkapi ruang tunggu yang melayani tiga pintu masuk pesawat, atau lebih banyak dibandingkan satu pintu di terminal lama.

Fasilitas cafetaria dan gerai cenderamata juga hadir di Bandara kebanggaan di Kota Bandung itu yang menampilkan beberapa gerai khas produk Jawa Barat maupun beberapa produk modern. Sebuah arena bermain anak serta ruang relaksasi juga hadir di bandara itu yang memberikan nuansa berbeda dari kondisi sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here