Yuk..! Tahun Baruan di Pangandaran, Jembatan Ciputrapinggan Aman

0
BERBAGI

PANGANDARAN- Jangan takut untuk liburan akhir tahun ke Pangandaran, sebab jembatan Ciputrapinggan yang menghubungkan Padaherang-Pangandaran sudah bisa dilalui. Tak ada kemacetan dan antrean kendaraan meskipun jembatan tersebut masih bersifat sementara atau pakai jembatan bailey.

Buktinya saat terjadi liburan panjang Sabtu 10 Desember 2016- Senin 12 Desember kondisi arus lalu-lintas normal. Bahkan untuk kelancaran arus lalin, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata memantau langsung di lapangan. Jeje menjamin kembatan berkapasitas 20 ton tersebut kondisinya sangat baik dilalui kendaraan roda dua maupun empat. Namun para wisatawan diimbau tetap waspada saat melintasi jembatan dengan panjang 54 meter ini.

Jeje mengatakan, ada peningkatan wisatawan ke Pangandaran sejak jembatan Ciputrapinggan selesai diperbaiki. Buktinya saat libur panjang terjadi lonjakan pengunjung. Memang terjadi antrean di sekitar jembatan namun polisi dan tim mengatur arus lalu-lintas selama 24 jam.

“Jangn khawatir tak akan macet, dan saya jamin jembatan kuat menahan kendaraan beban walaupun bis pariwisata,” katanya.

Kedua jembatan itu bisa menahan beban sekitar 30 ton, tapi untuk mengantisipasi hal buruk dan agar jembatan awet sengaja tonase kendaraan yang melintas hanya dibatasi 20 ton. “Untuk menunggu jembatan permanen selesai kan 10 bulan, jadi jembatan sementara ini harus tahan selama waktu itu,” ungkapnya.

Kanit Lantas Polsek Pangandaran Iptu Asep Prayatna menambahkan, kendaraan yang melintasi jembatan bisa diurai dengan baik agar tak terjadi kemacetan. Saat libur panjang ada sekitar 3.000 kendaraan. Anteran kendaraan hanya 30 menit. “Informasi terkini, kondisi jembatan dalam kondisi sangat baik. Hasil pantauan anggota kami di lapangan, saat ada ribuan kendaraan melintas jembatan lancar lancar saja,” katanya.

Namun Suyadi tetap mengimbau, para pengendara untuk tetap berhati-hati. Patuhi rambu-rambu lalu lintas, seperti menggunakan helm bagi pengendara sepeda motor serta membawa perelengkapan kendaraan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaran (STNK).

Jembatan Ciputrapinggan Masih Didesain

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI, Bambang Hartadi mengatakan bahwa jembatan bailey sementara di lokasi Ciputra Pinggan, Pangandaran telah berfungsi, sementara untuk pembangunan jembatan permanennya saat ini sedang finalisasi desain.

“Alhamdulillah jembatan bailey sementara di lokasi Ciputra Pinggan, Pangandaran telah berfungsi, untuk jembatan permanennya saat ini masih finalisasi desain dan direncanakan segera akan dilelangkan sehingga pelaksanaan fisiknya dapat dilakukan pada TA 2017,” tutur Bambang.

Untuk diketahui bahwa jembatan bailey tersebut dapat dilintasi kendaraan dengan berat maksimum 20 ton. Untuk penanganan jembatan permanen, akan dibuat dengan jembatan rangka, dengan bentang 55 meter supaya pelaksanaannya cepat

Pembangunan jembatan darurat berupa jembatan bailey untuk menggantikan sementara Jembatan Ciputrapinggan yang amblas pada 9 Oktober 2016 akibat banjir di Kabupaten Pangandaran  Sementara untuk pembangunan jembatan permanen pengganti Jembatan Ciputra Pinggan akan dilakukan pada Tahun Anggaran  2017.

LEAVE A REPLY