Ini Dia Profil Rizky Pora Nyong Ternate Skuad Garuda yang Hebat

Baligo Rizky Pora

TERNATE– Puluhan layah lebar dipersiapkan di sejumlah titik di kota Ternate untuk menyaksikan laga final leg kedua piala  AFF Suzuki Cup 2016. Salah satu layar lebar itu berdiri di Kelurahan Sangaji, Ternate Utara, tempat lahir dan tinggalnya Rizky Pora. Nyong Ternate ini jadi bintang dan dielu-elukan warga Ternate.

Penggawa timnas Indonesia Rizky Rizaldi Pora ini memang tampil memukau saat laga Semifinal melawan Vietnam dan laga Final di Pakansari Bogor. Bahkan pria yang lahir 22 november 1989 ini mendapat pujian dari berbagai pihak. Di Ternate Maluku Utara dia bak pahlawan.

Warga secara bersama-sama memasang baliho berukuran jumbo dengan gambar Rizky Pora terpampang di sana. Bertuliskan “Ayo Putra Sangaji, Harumkan Negeri Ini, Jadikan Kita Bangga Indonesia”, baliho itu tersebar di beberapa titik.

Ahmad Sangaji, salah seorang kerabat Rizki mengaku bangga punya putera Ternate yang bisa berprestasi dan mengharumkan negeri, berkat dukungan dari Negeri Ternate. Rizky mengaku motivasinya semakin membara. Dia berharap dengan dukungan dan doa tersebut, Indonesia bisa memenangi laga melawan Thailand.

“Saya sangat menyambut baik dukungan itu. Ini sangat berarti. Terima kasih untuk semua dukungan dan doa masyarakat Indonesia khususnya di Sangaji, Ternate. Doa dan dukungan kalian akan membantu kami di pertandingan nanti semoga lancar dan kami menang,” ujar Rizky.

Rizky Pora memang putra kebanggaan  Ternate yang memiliki kemampuan penguasaan bola, menggiring bola ke pertahanan lawan dengan kualitas di atas rata-rata.

Ditunjang dengan kecepatan berlari di sisi garis pinggir lapangan, ia kerap memberikan peluang menciptakan gol untuk penyerang dengan umpan-umpan akurat, bahkan tak jarang sesekali ia menjadi ancaman untuk para pemain belakang lawan ketika berduel demi melahirkan sebuah gol, seperti yang ia perlihatkan sepanjang parhelatan piala AFF 2016 bersama Stefano Lilipaly.

Berikut Biodata Rizky Pora selengkapnya:

Rizky Pora mengawali karis sepakbola senior bersama Persita Tangerang pada tahun 2010 s/d 2013. Selama memperkuat pemilik nama fans klub Laviola tersebut ia tampil sebanyak 48 kali dengan menyumbangkan 3 gol. Di tahun berikutnya 2013 Rizky Pora memilih hengkang ke klub Barito Putera dan memperkuat klub tersebut selama artikel ini diterbitkan, 2016. Sepanjang itu juga ia sudah menorehkan 8 gol dengan total bermain 41 penampilan. Itu artinya bersama Barito Putera Rizky Pora mulai menemukan kecemerlangannya di lapangan hijau jika mengacu pada statistik di atas. Tak heran jika Alfred Riedl memanggilnya ke skuad timnas, bahkan menjadi pemain inti.

Kepercayaan Alfred Riedl padanya langsung dijawab dengan penampilan ciamik di lapangan, puncaknya adalah ketika ia berhasil menciptakan gol pemacu semangat untuk timnas di leg final pertama melawan Thailand, ketika itu kedudukan sementara 0-1 untuk Thailand. Terang saja, dengan adanya gol pembalas dari Rizky Pora para pemain timnas terpecut semangatnya untuk membalikkan keadaan, dan akhirnya hal tersebut terjadi, setelah terciptanya gol dari Rizky Pora, tak lama berselang timnas berhasil unggul dan mengakhiri pertandingan dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

Rizky Pora dan para pemain-pemain timnas debutan menjadi magnet tersendiri untuk para fans. Walaupun baru pertama kali memperkuat timnas, penampilan mereka cukup layak untuk menjadi skuad berikutnya menggantikan senior-senior terdahulu, sebut saja contohnya seperti Lilipaly, Derby Eliandry, dan kawan-kawan yang lain yang baru saja masuk sebagai pemain sepakbola terbaik negeri ini dengan terpilihnya mereka di jajaran pemain timnas. (ids)

Rizky Pora
Nama lengkap : Rizky Rizaldi Ripora
Tempat dan tanggal lahir : Ternate. 22 november 1989
Tinggi : 1.71 m (5 ft 7 in)
Posisi : Gelandang
Nomor punggung : 26
Warga negara : Indonesia

Facebook Rizky Pora
Twitter Rizky Pora
Instagram Rizky Pora

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here