Inilah 10 Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

wisata belitung

BELITUNG – Pulau Belitung memang cocok untuk liburan tahun baru 2017. Negeri Laskar Pelangi ini menawarkan anneka wisata yang mempesona. Ada 10 Tempat Wisata di Belitung yang wajib dikunjungi.

Sebenarnya wisata ke Belitung tak jauh-jauh amat. Dari Bandara Soekarno-Hatta hanya 40 menit. Harga tiket pesawatnya mulai dari Rp 375.00-Rp 650.000. Tak macet lagi, dari Bandara Soekarno Hatta langsung turun di Pelabhan Hasanjudin Tanjungpanda. Dari sana naik travel sekitar 1 jam.

Soal penginapan? Jangan khawatir di Belitung banyak hotel yang refsentatif. Ada 38 hotel terbaik di Belitung. Ada 10 tempat wisata di Belitung yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Tanjung Kelayang

Sungguh menakjubkan..! Itu kesan pertama ketika Anda tiba di Tanjung Kelayang. Lokasinya berada di Kabupaten Belitung Timur. Atau 27 Kilometer dari Tanjungpandan. Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai terindah di Belitung,  Tempat ini juga merupakan pelabuhan yang digunakan wisatawan untuk melakukan tour island hopping yang paling banyak diminati wisatawan yang datang ke Belitung.

Pemandangan paling menakjubkan adalah jejeran pulau kecil yang terbentuk dari batu-batu granit besar yang terletak kira-kira 800 meter dari ujung pantai. Bentuk batu mirip kepala seekor burung. Makanya tempat ini  dinamai Tanjung Kelayang,  Kelayang adalah nama salah satu jenis burung. Penduduk setempat menamainya Batu Garuda.

Tanjung Kelayang adalah pantai berpasir putih sepanjang beberapa kilometer. Sebenarnya dari Tanjung Kelayang terhampar pantai pasir putih sejauh kurang lebih 4 kilometer sampai ke Tanjung Tinggi. Pantai sebelah Timur adalah tempat yang baik untuk berenang, karena permukaan dasar pantai jernih dan berpasir putih. Tempat ini juga baik jika anda ingin bermain di tepi pantai karena permukaan pantai yang lebar. Pantai sebelah Timur adalah pintu masuk Tanjung Kelayang, di sini hanya ada pasir putih, tidak ada granit di pantai. Dari sana pengunjung biasanya berjalan sepanjang pantai kurang lebih 300 meter ke arah Utara, dimana bisa ditemukan bebatuan granit, tersebar sepanjang ujung semenanjung dan juga di permukaan laut. Salah satunya yang berbentuk seperti burung kelayang tadi.

2.Pantai Tanjung Tinggi

Selain Tanjung Kelayang Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai terkenal di Belitung yang digunakan sebagai salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Berpasir putih, air laut jernih, dan batu granit super besar adalah ciri khas dari pantai ini.
Ombak di Pantai Tanjung Tinggi relatif tenang sehingga Anda bisa berenang tanpa harus takut terbawa ombak. Di tepi pantai, terdapat warung-warung yang menjajakan seafood untuk memuaskan rasa lapar Anda setelah puas bermain air.

3. Bukit Berahu

Bukit Berahu adalah sebuah tempat perpaduan antara resto dan bungalow atau villa di sebuah pantai indah di Belitung. Bukit Berahu terletak dekat dengan Tanjung Tinggi. Dari atas Bukit Berahu, Anda bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih dan laut biru muda yang jernih.

Untuk mencapai pantai di bungalow ini, Anda harus menuruni 97 anak tangga, sehingga ada baiknya Anda menggunakan sepatu tanpa hak. Karena pantai di sini merupakan bagian dari bungalow, Anda bisa menikmati sensasi private beach yang tidak bisa Anda temukan di pantai Belitung lainnya.

4. Pulau Lengkuas

Kalau Anda ingin melihat mercusaar yang berdiri tahun 1882 datang saja ke Pulau Lengkuas. Untuk sampai ke tempat ini Anda hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Apa sih hal menarik dari Pulau Lengkuas, ya Mercesuar itu poisinya memang berada di tengah pulau. Dari puncak  mercusuar ini Anda bisa menikmati pemandangan  pantai di kawasan Belitung dari ketinggian.

5. Pantai Punai

Berbeda dengan pantai khas Belitung lain yang memiliki batu granit super besar, Pantai Punai berlokasi di sebelah Tenggara Belitung, tepatnya di desa Tanjung Kelumpang.

Di pantai ini Anda akan mendapati pasir putih dengan batu granit kecil dan suasana yang lebih tenang. Di depan pantai ini ada pulau kecil bernama Pulau Punai. Konon  di pulau ini terdapat banyak sekali burung punai. Untuk menuju pulau ini Anda hanya perlu berjalan kaki jika air sedang surut. Pokoknya mengasyikan

6. Pulau Pasir

Pulau Pasir sesungguhnya adalah sebuah tumpukan daratan yang hanya terdiri dari pasir. Saat air laut surut, tumpukan pasir ini akan terbentuk seperti pulau. Sedangkan saat air laut pasang, daratan ini seluruhnya akan tenggelam di bawah air laut. Pulau ini tidak terlalu luas, hanya sebesar setengah lapangan sepak sepak bola.
Saat air surut, ada banyak sekali wisatawan yang singgah di pulau ini dengan menggunakan perahu nelayan. Anda akan merasa takjub dengan pemAndangan di pulau ini, karena pulau ini berdekatan dengan pulau-pulau lain.

7. Danau Kaolin

Danau Kaolin ini sebenarnya bukan tempat wisata umum, tetapi banyak fotografer yang ingin mengetahui potensi fotografi di sini, sehingga ada beberapa agen wisata yang menyediakan jasa paket wisata ke tempat wisata di Belitung ini. Kaolin adalah salah satu kekayaan tambang di pulau Belitung. Keindahan tempat ini merupakan perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih. PemAndangan di sini hampir sama dengan pemAndangan Kawah Putih di Bandung.

8. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Batu Lubang. Keindahan alam pantai ini hampir sama dengan keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, dengan gugusan batu granit yang bertebaran di tepi pantai.

Bedanya, batu granit di pantai ini saling menyambung dan memanjang, menjorok ke arah laut sehingga membentuk seperti dermaga secara alami. Ombak di sini tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang, air pantai juga jernih dengan pasir putih yang lembut.

9. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pantai ini adalah salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan, dan termasuk lokasi wisata terpopuler. Jika biasanya pantai dihiasi pohon kelapa, berbeda dengan Pantai Nyiur Melambai. Pantai ini ditumbuhi oleh pohon pinus di sekitarnya dengan pasir putih khas pantai Belitung. Garis pantai di sini panjang dan suasana di sini teduh. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini antara lain berenang, voli pantai, dan juga panjat tebing.

10 Museum Kata

Museum ini didirikan Penulis Buku Laskar Pelangi Andrea Hirata, Lokasinya di Kecamatan Manggar tempat lahir penulis fenomenal itu. Ide awal pembangunan museum Kata ini adalah untuk menyimpan  koleksi syuting  film Laskar Pelangi. Anda juga bisa menemukan berbagai karya Andrea Hirata di museum ini.

Ada sebuah cerpen khusus yang dibuat oleh Andrea Hirata yang tidak diterbitkan umum, dan hanya bisa Anda baca di sini. Museum ini dibangun Andrea Hirata dengan tujuan untuk menginspirasi anak-anak dan remaja di desa Gantong, agar memgembangkan bakat seni mereka.

Selain jejak Laskar Pelangi, di sini juga terdapat banyak sekali karya seni Andrea. Ada juga Warung Kupi Kuli yang merupakan sebuah gambaran keseharian kehidupan para penambang. (idn)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here