Jelang Malam Tahun Baru 2017, Pangandaran Masih Sepi

wisata pangandaran

PANGANDARAN-Berbeda dengan tahun sebelumnya menjelang pergantian malam tahun baru, hingga Jumat (30/12/2016) kondisi objek wisata Pangandaran masih lenggang.

Padahal biasanya jelang malam tahun baru atau H-2 Pangandaran sudah ramai pengunjung. Sepinya pengunjung diduga ada pengaruh kemacetan di jembatan Ciputrapinggan Kecamatan Kalipucang.

“Informasi bahwa liburan ke Pangandaran akan macet punya andil menurunkan jumlah wisatawan jelang tahun baru, tapi saya yakin puncak pengunjung akan terjadi pada Jumat Sore dan Sabtu 31/12/2016. Buktinya sejumlah kamar hotel sudah habis diboking,” kata Ujang Suhendar petugas pintul tolgate Pangandaran.

Baca juga: Tips Merayakan Tahun Baru di Pangandaran

Tak seperti biasanya jelang tahun baru sejumlah tempat wisata di kabupaten pangandaran, seperti pantai Pangandaran,Pantai Batu Hiu di Kecamatan Parigi Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang, Pantai Madasari di Kecamatan Cimerak, Pantai Karapyak dan kawasan wisata Grand Canyon tampak sepi pengunjung.

“Saya juga heran kenapa bisa begini, padahal biasanya menjelang dua hari mau tahun baruan kawasan obyek wisata tersebut sudah disesaki pengunjung. Mungkin tanggal tua atau memang enggan ke Pangandaran karena terjebak macet,” kata Didin Suryadin (34) guide di Pantai Pangandaran.

Menurut dia, jelang pergantian tahun 2016 dua hari sebelumnya memang sudah ramai. Sejumlah tempat parkir sudah dipenuhi kendaraan. Mereka kebanyakan adalah pengunjung dari Jakarta, Bandung, Purwokerto Jawa Tengah dan lainnya. Sedangkan pengunjung lokal dari Ciamis, Banjar dan Tasikmalaya biasanya datang menjelang malam pergantian tahun.

“Padahal kini kondisi objek wisata di Kabupaten Pangandaran sudah tertata dengan baik. Sejumlah fasilitas untuk kenyamanan wisatawan juga sudah disediakan pemerintah. Tapi saya heran kok masih sepi ya,” katanya.

Sepinya pengunjung juga dibenarkan oleh beberapa pedagang di Pantai Pangandaran. Mereka mengatakan, belum terlihat lonjakan pengunjung ke Pangandaran menjelang tahun baru. Namun para pedagang berharap Jumat sore dan Sabtu (31/12/2016) pengunjung bertambah sehingga pendapatan mucekil.
“Belum ramai kang, tahun lalu mah sudah padat. Saya heran kenapa bisa begini. Kalau pengunjung banyak ya otomatis pendapatan kami membludak. Mudah mudahan saja malam minggu ramai,” kata Yayat. (imn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here