Ini Dia 5 Makanan yang Bisa Bikin Awet Muda

BANDUNG-Memiliki tubuh sehat serta berusia panjang dan awet muda merupakan dambaan banyak orang. Ini ada lima makanan yang bisa awet muda.

Penulis National Geographic, Dan Buettner mngungkapkan bahwa ada lima wilayah yang memiliki penduduk berumur panjang di dunia. Wilayah tersebut tergabung dalam sebuah zona yang disebut Blue Zone: Sardinia di Italia, Ikaria di Yunani, Okinawa di Jepang, Nicoya Peninsula di Costa Rica, dan Loma Linda di California.

Penduduk di lima wilayah itu dikabarkan dapat hidup hingga umur 90 tahun dan jarang mengalami demensia, kanker, ataupun penyakit jantung. Rupanya, resep umur panjang penduduk Blue Zone berasal dari makanan yang biasa dikonsumsi. Sepeti dikutip The Daily Meal, terdapat sejumlah makanan yang bisa mengawetkan umur seseorang, apa sajakah itu? Yuk simak.

1. Alpukat

Buah dengan tekstur lembut ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, dalam 3,5 ons alpukat terdapat lebih dari sepuluh persen vitamin yang direkomendasikan untuk tubuh, seperti vitamin K, C, B5, B6, dan E. Buah juga mengandung asam oleat yang tinggi dan lemak tak jenuh yang dapat mengurangi peradangan.

2. Nasi Merah

Karbohidrat kompleks dan biji-bjian adalah salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh Blue Zone. Manfaat kesehatan dari beras merah sendiri berasal dari selenium yang dapat mengurang risiko terkena kanker dan serangan jantung.

3. Kacang Garbanzo

Kacang garbanzo atau yang lebih dikenal dengan buncis, kacang Garbanzo banyak ditemukan pada sajian Mediterania dan Timur Tengah. Dalam 3,5 ons kacang Garbanzo terdapat 68 asupan serat harian yang dibutuhkan tubuh dan 38 persen protein. Jumlah serat tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi tekanan darah loh!

4. Susu Kambing

Susu kambing merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Jumlah laktosa yang lebih rendah membuat orang yang sensitif dengan susu aman untuk mengonsumsinya. Tahukah kamu ternyata jika dibandingkan dengan secangkir susu sapi, susu kambing lebih sedikit mengandung gula, dan lebih banyak mengandung kalsium, vitamin C, dan kalium.

5. Kentang

Kentang merupakan sumber utama dari nutrisi, terutama jika kentang tersebut tidak dikupas dan tidak digoreng. Pada kentang yang berukuran sedang, terdapat 25 persen potasium dan juga 70 persen vitamin C.

Tertarik untuk lebih sering konsumsi makanan diatas?

(Cintya Lamade)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here