Inilah Resep Nasi Cikur Tasik yang Maknyoos Itu

TASIK- Tasik memang resik. Kulinernya juga asyik-asyik. Tapi bukan hanya nasi tutug oncom yang maknyos di kota santri ini. Ada nasi cikur. Rasanya bersaing dengan nasi TO

Apa tuh yah nasi dibumbui kencur. Kok bisa? Ya, coba saja pokoknya nikmat banget. Kalau mau coba singgah saja ke kawasan Dadaha Tasikmalaya, di sana selain banyak yang menjajakan nasi tutug oncom ada juga nasi cikur.

Selain di Dadaha nasi cikur juga dijajakan di kantin 43 alamatnya di Jalan Panyerutan. Kantin ini memang spesial menyediakan nasi cikur yang rasanya mantap banget. Pokoknya sensasinya beda. Yang belum coba akan rugi deh. “Yah saya sudah puluhan tahun jualan nasi cikur. Alhamdulillah pelangganya sudah banyak juga ,” kata Ny Iyen (54) pemilik Kantin 34.

Pelanggannya ternyata bukan hanya dari Tasikmalaya. Kalau akhir pekan banyak yang dari luar Tasik seperti Garut, Ciamis Banjar, Pangandaran bahkan Bandung.

Maklum sekarang Tasikmalaya merupakan tujuan wisata kuliner di Priangan Timur. Tapi seharusnya Anda harus tepat waktu jika ingin bnerkunjung ke kedai 43. Kedai yang juga menyajikan masakan khas Sunda ini mulai buka pukul 06.00. Tapi biasanya pukul 08.00 sudah habis.

“Nasi ini khusus untuk sarapan pagi, warung ini bukan sampai jam 09.00 saja, jadi kalau mau datang harus pagi sekali agar kebagian,” kata Iyen.

Keistimewaan Nasi Cikur Tasik

Nasi cikur berasnya adalah beras merah. Lauknya orek tempe atau tempe diiris-iris lalu digoreng, ada juga telur dadar rawis (telur yang diiris kecil-kecil) ditambah kentang mustopa (kering kentang khas Ciamis), timun, kerupuk putih dan sambal goang yang pedas sekali. Tapi kalau mau daging dan tahu tempe disediakan juga.

Begit Anda mencicipi ada aroma khas dari nasi kencur ini langsung menyemburkan aroma kencur yang khas segarnya. Ada sedikit cubitan pedas yang menyertai nasi yang gurih ini. “Warna merahnya kami gunakan cabai merah besar, dan bumbu lainnya,” imbuhnya.
Bumbu yang sudah ditumis ini kemudian diaduk bersama nasi putih hingga bumbu merata dan memberikan warna merah merata. Seporsi nasi cikur harganya cukup Rp 5 ribu saja. Nah, sarapan Anda dijamin enak, deh.

Kedai sederhana berkapasitas 10 orang ini terlihat ramai sekali setiap pagi. Nah, pastikan Anda tak kesiangan jika ingin ke kedai ini. Untuk wisata kuliner lainnya di Tasikmalaya, baca SAJI edisi 236.

Resep Nasi Cikur Tasik

Bahan-bahan Nasi Cikur:

2 piring nasi putih, dinginkan sejenak
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 ruas jari kencur
½ batang terasi matang
Cabai rawit (jumlah sesuai selera), iris tipis
Garam secukupnya
Minyak untuk menumis

Cara membuat Nasi Cikur:

Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, dan terasi hingga halus.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi.
Masukkan nasi, aduk-aduk hingga rata.
Tambahkan garam dan cabai rawit iris, aduk hingga rata. Setelah matang, angkat.
Nasi cikur pun siap dihidangkan.
Itulah sajian khas kuliner Tasikmalaya yang dapat anda praktekan sendiri sendiri Resep sederhana Nasi Cikur Kuliner Tasikmalaya. (neng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here