Habib Rizieq Diperiksa, FPI vs GMBI Tegang

0
BERBAGI

BANDUNG-Habib Rizieq Diperiksa Polda Jabar, ribuan massa Front Pembela Islam (FPI) memadati jalan Jalan Sukarno Hatta di depan Mapolda Jabar, Kamis (12/1/2015).

Massa dari berbagai kabupaten/kota di Jabar ini datang untuk untuk mendukung Imam besar FPI Habib Rizieq Syihab yang akan diperiksa penyidik Polda Jawa Barat terkait kasus dugaan penodaan lambang dan dasar negara Pancasila.

Selain massa FPI, ratusan massa dari LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) menghadang massa FPI di depan gerbang Mapolda Jabar. Massa GMBI yang berseragam hitam nyaris bentrok dengan massa FPI yang berseragam putih. Situasi sempat memanas, polisi berusaha keras meredam bentrokan.

Polisi memperketat pintu masuk. Sebanyak 500 aparat dari Brimob dan Sabara disiagakan dipintu masuk dan diluar
Yusri menambahakan, informasi yang diterima Polda Jabar ada sekitar 5.000 sampai 10.000 massa yang datang hari ini.
“Kita siapkan penjagaan dengan 500 aparat dari brimob dan sabhara,” kata Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus seperti dikutip detik.com.

Akibat banyaknya massa, situasi di jalan Bypass Soekarno Hatta macet hingga ke bundaran Ciburu dari arah Timur dan persimpangan Gedebage dari arah Barat. Sebab konsentrasi massa di depan Mapolda Jabar terus bertambah, yang hadir bukan hanya massa dari FPI saja tapi sejumlah Ormas yang mengatasnamakan masyarakat Sunda pun berdatangan sejak pukul 08.00 WIB tadi.

Massa FPI berada di ruas jalan sebelah kiri Polda Jabar. Sementara ruas jalan di sebelah kanan Polda Jabar dipenuhi oleh masa dari perwakilan 7 Ormas. Sebagian dari mereka ada yang berjalan kaki dan memakai kendaraan bermotor ke Mapolda Jabar. Keduanya dilengkapi masing-masing satu mobil komando.

“Yang FPI ini pro, yang ormas ini kontra. Jadi ada pro kontra,” kata Kombes Pol Yusri Yunus di sela pengamanan. (der)

LEAVE A REPLY