Kawasan Geopark Ciletuh dan Pangandaran Diusulkan Jadi KEK Pariwisata

geopark ciletuh

BANDUNG: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan menjadikan Kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang Pariwisata. Pemprov Jabar sedang mengusulkan rencana tersebut kepada Kementrian Pariwisata. Yang sudah menjadi KEK diantaranya adalah Kawasan Wisata Tanjung Kelayan Belitung Provinsi Babel

“Selain Kawasan Geopark Ciletuh, Pangandaran juga sedang kami usulkan untuk dijadikan KEK ke Kemenpar. Dua objek wisata ini memang sangat cocok,” kata Aher di Gedung Sate Kota Bandung, Senin (20/2/2017.

Manfaat masuk kawasan ekonomi khusus kata kang Aher yang juga putra Sukabumi adalah untuk mendorong Ciletuh dan Pangandaran lebih berkembang dan mempunyai daya jual tinggi. Imbasnya, pertumbuhan ekonomi daerah meningkat sehingga kehidupan ekonomi masyarakat berangsur-angsur sejahtera.

“Kemajuan wisata akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Makanya kami sedang membangun sarana dan prasana objek wisata yang ada di Jawa Barat,” katanya.

Dia mencontohkan di Ciletuh saat ini telah dibangun sejumlah infrastruktur mulai dari jalan, hotel, dan jaringan komunikasi.Sedangkan di Pangandaran, runway Bandara Nusawiru akan diperpanjang seiring dengan banyaknya pengunjung Pangandaran dan Pangandaran sudahg menjadi daerah otonom baru.

“Geopark Ciletuh dan Pangandaran akan terus ditata sehingga, semakin rapi dan nyaman.

Sekilas Tentang Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh Sukabumi memang sangat eksotik. Merupakan taman alam batuan tua di Pulau Jawa. Konon tempat ini dulunya laut, namun terangkat dari bawah laut.

alau Anda berkunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Bentang alam di Teluk Ciletuh ini memang menarik.

Lansekap yang membentang berbentuk menyerupai amfiteater raksasa yang mirip seperti tapal kuda yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia. Pengunjung juga akan disuguhi air terjun Cimarinjung salah satu destinasi andalan di Geopark Ciletuh Sukabumi. Yu Berkunjung ke sana!

Airin Diani Atmaja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here