Sohibul Iman : Tantangan Bangsa Saat Ini Adalah Merawat Keindonesiaan Kita

GARUT, JURNALPRIANGAN.COM: Bila dahulu tantangan kita adalah merebut kemerdekaan dari para penjajah, maka tantangan hari ini adalah merawat kemerdekaan, merawat keindonesiaan kita. Di era seperti sekarang ini banyak orang bertanya, apa pentingnya nasionalisme bagi kita.

“Saya katakan bahwa nasionalisme tetap penting untuk kita jaga. Masalahnya sekarang adalah bagaimana memberikan satu konteks atau mereaktualisasi nasionalisme kita hari ini dengan konteks kekinian yang penuh dengan tantangan zaman,” kata Mohamad Sohibul Iman, Anggota MPR/DPR Fraksi PKS Dapil Jabar 11 saat menyampaikan materi Seminar 4 Pilar MPR di Garut Jawa Barat, (15/4).
Sohibul Iman menambahkan, salah satu contoh tantangan hari ini adalah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), MEA menyebabkan meningkatnya arus barang dan jasa serta arus tenaga kerja yang semakin tinggi, bila tidak dipersiapkan maka bangsa Indonesia akan terus tertinggal, karena daya saing akan semakin ketat.

Oleh karena itu, pemerintah perlu menyiapkan kerangka legal untuk menghadapi MEA tersebut. Nasionalisme diantara anak bangsa harus ditumbuhkan, bagaimana setiap kita mampu memberikan kontribusi positif terhadap negara ini. Perlu ada kesepahaman diantara kita semua, khususnya para pemimpin atau para elit dalam melihat masalah kebangsaan hari ini, kesamaan perspektif sangat diperlukan agar bangsa ini mampu menjawab segala tantangan yang dihadapinya.

Sohibul iman juga mencoba memberikan solusi guna menghadapi tantangan bangsa, pertama adalah perlunya rasa saling memiliki (sense of belonging), setiap kita harus punya rasa memiliki indonesia ini, sehingga punya spirit untuk menjaga dan merawatnya.

Yang kedua adalah perlunya rasa kebersamaan (sense of togetherness), dengan semangat kebersamaan maka akan timbul saling kerjasama untuk memajukan dan memakmurkan bangsa, tidak saling bermusuhan. Dan terakhir yg ketiga adalah perlunya sikap saling percaya (trustworthiness).

“Kita harus percaya bahwa setiap kita punya tujuan dan keinginan yang sama dalam memajukan bangsa, kepercayaan itu harus dijaga sampai dia membuktikannya dalam perilaku sehari-hari,” pungkasnya. (dar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here