Rugi Dong..! ke Tasik Kalau tak Cicipi Lima Makanan Ini

0
4 views

JURNALPRIANGAN.COM- Tasik kota resik (bersih) selain itu Tasik pantas jadi pusat kuliner di Priangan Timur. Betapa tidak di kota yang terkenal dengan ribuan pesantren ini, banyak aneka jajanan yang wajib dicicipi. Ada lima jenis makanan yang wajib dicipi saat Anda berkunjung ke Tasikmalaya. Rasanya dijamin maknyos.

1. Nasi Tutug Oncom [Nasi T.O]
Nasi Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O yaitu makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat. Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom. Nasi tutug oncom menjadimakanan khas Tasikmalaya. Walaupun menjadimakanan khas, tutug oncom tidak dapat dibawa menjadi oleh-oleh karena mudah hilang cita rasanya dalam jangka waktu yang tidak lama setelah diracik.

 

2. Nasi Cikur
Nasi cikur yaitu nasi goreng dengan rasa kencur sebagai bumbu utamanya. Rasanya tidak manis seperti nasi goreng pada umumnya-yang menggunakan kecap manis, tapi lebih asin gurih dan harum dengan aroma kencur yang khas. Disajikan dengan irisan telur dadar, ayam suwir, tahu goreng, serundeng dan acar wortel yang segar. Sepotong keripik tempe dijadikan pelengkap sebagai pengganti kerupuk.

3. Sate Maranggi
Sate maranggi ini juga merupakan makanan khas tasikmalaya. sate maranggi ini berbhan dasar daging sapi yang agak besar-besar. Bumbu utamanya adalah kecap dengan potongan bawang merah, cabai merah, cabai rawit, irisan tomat, serta taburan merica juga bawang goreng.juga saus kacang cocok untuk bumbunya.Cara menikmatinya yaitu di sajikan dengan nasi.

4. Tahu Bulat
Tahu Bulat juga merupakan makanan khas daerah Tasikmalaya, yaitu sejenis tahu yang bentuknya bulat seperti bola pingpong hanya tahu ini telah dicampuri dengan bumbu-bumbu dan bahan lainnya sehingga tahu ini memiliki rasa yang gurih dan enak, rata-rata tahu bulat Tasikmalaya ini memiliki rasa ikan yang khas sehingga membuat orang-orang ketagihan.

5. Bubur Ayam Tasikmalaya
Beberapa ciri khas dari bubur ayam Tasik ini dari segi teksturnya pun tidak terlalu kental, agak encer, sedangkan bubur ayam lainnya yang pernah saya jumpai biasanya mempunyai tekstur agak kental. Lalu dari segi topping pun bubur ayam khas Tasik ini mempunyai keunggulan dibandingkan dengan bubur ayam dari daerah lainnya (menurut saya). Ati ampelanya banyak, lalu cakuenya pun banyak, diberi tongcay, dan jujutan daging ayam juga taburan bawang daunnya yang cukup banyak. Salah satu bubur ayam yang trekenal adalah bubur ayam malam di Jalan Galunggung.

Itulah diantaranya makanan khas Tasikmalaya. Tapi masih banyak lagi yang kudu dicoba.

(ridwan/berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.