Connect with us

POLITIK

AMS Harus Jadi Kekuatan Karakter Budaya dan Kepemimpinan

Published

on

amsBANDUNG BARAT, JP.COM: – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menginginkan Angkatan Muda Siliwangi menjadi kekuatan dalam menghadirkan karakter budaya dan karakter kepemimpinan, khususnya dalam kancah kepemimpinan nasional.

Aher mengungkapkan hal itu saat membuka Kongres IX AMS Tahun 2015 yang digelar di Hotel Bumi Makmur Indah, Jl. Raya Lembang, Kab. Bandung Barat pada Jumat (13/3).

“Kita menginginkan AMS bisa hadir sebagai kekuatan budaya, kekuatan karakter kepemimpinan yang dapat hadir dalam jagad kepemimpinan nasional,” ungkap Aher dalam sambutannya.

Selain itu, Aher pun mengungkapkan AMS sebagai organisasi kepemudaan dengan kekhasan Sundanya, AMS diharapkan bias menjaga serta memegang teguh nilai kearifan lokal atau budaya Sunda. “AMS diharapkan bisa melahirkan falsafah budaya yang berasal dari wahyu (nilai keagamaan) dan nilai kearifan lokal,” ujar Aher.

Untuk itu, Aher pun ingin nilai keagamaan tersebut dapat hadir serta tidak menghambat perkembangan budaya, karena menurutnya agama justru dapat mengangkat serta meluruskan nilai budaya yang ada.

Kongres yang digelar setiap lima tahun sekali ini, mengagendakan pemilihan Ketua Umum AMS untuk periode 2015-2020. “Saya berharap pengurus yang akan datang akan memberikan nilai kepemimpinan Siliwangi yang berasal dari nilai keagamaan dan nilai kearifan lokal,” harap Aher.

Kongres IX AMS ini akan digelar mulai 13-15 Maret 2015, diikuti 789 peserta dari 27 District Kabupaten/Kota AMS yang ada di Jabar, 8 District Kabupaten/Kota dari Banten, serta 11 District Kabupaten/Kota dari Sumatera Utara. Kongres tahun ini mengusung tema “Memantapkan Spirit & Catur Watak Utama dengan Mengedepankan Kebersamaan dan Kekeluargaan”.

.(rls)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

POLITIK

Juragan WC Nyalon Bupati Tasikmalaya

Published

on

By

TASIKMALAYA, JP.COM Jangan Anggap remeh bisnis WC atau Toilet, di Tasikmalaya H Cece Ruhimat, pengusaha WC hidupnya berkecukupan. Meski di kampung Cijoho, Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya tampak asri. Di garasi rumah terlihat mobil mewah berjejer. Ini mendandakan bahwa Bos WC itu hidupnya berkecukupan.

Berkunjung ke rumah H Cecep Ruhimat atau biasa disapa HCR tampak asri, rumah berlantai dua di
Rumah itu berlantai dua, lebih banyak memasang kaca sebagai dinding daripada batu bata yang disemen dan dicat tebal. Sebuah kolam renang menyatu dengan halaman belakang rumah. Di samping rumah bergaya minimalis ini, bertengger dua mobil mahal, Toyota Land Cruiser dan Mitsubishi Pajero Sport Dakar.

HCR yang kini digadang-gadang bakal jadi calon bupati Tasikmalaya dari Partai Gerindra ini memang memiliki bisnis WC di seluruh Indonesia. Bahkan bisnisnya merambah di segala bidang. Meski demikian Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Tasikmalaya ini tetap rendah diri.

“Saya mah bukan pengusaha, rasanya ngak enak. Saya juga bukan bos, tapi seorang wirausaha saja. Yang sukses bisnis WC bukan saya saja di Kiarajangkung banyak juga yang sukses,” katanya merendah.(asp/red)

Continue Reading

POLITIK

Netty: Saatnya Urang Sunda Berkiprah di Kancah Nasional

Published

on

By

MEDAN – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan mengajak masyarakat Sunda di pelosok negeri untuk bersatu. Menurut Netty sebagai salah satu etnis terbesar ke-2 di Indonesia, urang Sunda sudah saatnya berkiprah di kancah Nasional.
Netty mengungkapkan hal itu saat bersilaturahmi dengan warga Sunda di Medan, Sumatera Utara (5/6/2015).

Menurut Netty, Sunda sebagai salah satu etnis terbesar ke-2 di Indonesia memang harus bersatu dan sudah saatnya berkiprah di kancah Nasional. Dirinya mendukung ungkapan yang disampaikan oleh DPD Formas Sunda Sumut Dede Zainul dalam sambutannya yang mengatakan sudah saatnya orang sunda meninggalkan kebiasaan “mangga tipayun menjadi punten kapayunan ” (Kebiasaan orang sunda yang selalu mengalah “silahkan duluan menjadi mohon maaf saya duluan”). Karena sejarah telah membuktikan beberapa warga Sunda seperti Raden Dewi Sartika, Oto Iskandar Dinata, Umar Wirahadikusumah telah berkiprah di kancah Nasional.

Jabar dengan jumlah penduduk terbesar sekitar 46 juta jiwa atau sekitar 20 % dari jumlah penduduk Indonesia, baik buruknya kondisi Jawa Barat berpengaruh pada kondisi nasional. Oleh karena itu berbagai program yang dilaksanakan Pemprov Jawa Barat perlu didukung masyarakat baik yang berada dan tinggal di Jawa Barat maupun yang berada di perantauan.

Ketua Paguyuban Wargi Sunda Sumut Jejen menjelaskan bahwa di Sumut warga sunda sudah eksis, bahkan diabadikan dengan nama jalan PWS (Paguyuban Warga Sunda), atau nama jalan Pasundan. Di samping itu, keberadaan paguyuban wargi sunda sudah diperhitungkan oleh pemerintah daerah keberadaan mereka tidak sekedar ada, sesuai dengan motto yang diusung “Tembongkeun Urang Aya Jeung Bisa,” ujar Jejen.

Pengurus dan anggota paguyuban wargi sunda 60 % adalah wirausaha, sisanya pegawai, PNS dan pejabat di institusi atau kesatuan TNI/Polri bahkan salah seorang diantaranya juga sebagai Ketua UKM Kota Medan dan siap mendukung sebagai agen produk untuk memajukan produk Jawa Barat, jelas Jejen.

Melalui Jejen, Paguyuban Wargi Sunda berharap Netty dapat menyampaikan aspirasi pengurus kepada Gubernur Jawa Barat agar difasilitasi sekretariat.

Sementara itu DPD Formas Sunda Sumut Dede Jainul, pada kesempatan tersebut menyampaikan keinginannya untuk mendirikan Rumah Jabar sebagai etalase Jabar serta mengharapkan Gubernur Jawa Barat dapat hadir pada pelantikan pengurus Bengkulu, Sumut, Aceh, Riau, Sumbar pada September mendatang.

Hadir pada pertemuan tersebut Sekjen Formas Sunda Pangumbaraan Pusat H.M. Iqbal, sesepuh Paguyuban yang bertugas sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Militer Sumut Kol. Yan Mulyana, Ketua PWS periode 2012 -2015, Korwil Kalimantan serta pengurus dan anggota PWS Sumut.(rls)

Continue Reading

POLITIK

Koalisi Mutiara Sukapura Dukung Uu Sebagai Cabup Kab Tasik

Published

on

By

TASIK, JP.COM: Bupati Tasikmalaya H Uu Ruzhanul Ulum masih yang terkuat sebagai kandidat Bupati Tasikmalaya periode 2015-2010. Uu sedang mencari pendampingnya untuk berlaga dalam pilkada mendatang.

Salah satu yang inten mendekati Uu, adalah Koalisi Mutiara Sukapura (KMS). Koalisi yang dibangun oleh PAN, PKS Gerindra dan Demokrat ini menyatakan mendukung Uu Ruzhanul Ulum.

“Sampai saat ini dukungan kepada pak Uu belum dicabut, kami belum memiliki figur yang layak jual,”kata  Ketua DPD Gerindra Kabupaten Tasikmalaya, Ujang Abdul Hak.

KMS yang dideklarasikan di Kompleks Wisata  Cipanas Galunggung, Kamis, 26 Maret 2015 ini memang dibentuk untuk bargaining position agar bisa dilirik Uu Ruzhanul Ulum.

Namun  Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya, Deni R Sagara membuat manuver dengan  menyatakan kesiapannya maju sebagai calon bupati. Tapi Ujang
menilai, pernyataan siap maju yang dilontarkan Deni merupakan manuver dalam menghadapi pilkada Desember mendatang.

“Kalau Gerindra mah tetap ke UU dan anggota KMS yang lain pun setuju,” katanya. Lantas siapa calon wakil yang akan disodorkan ke Uu? Ujang menjawab diplomatis. “Tunggu saja nanti,” katanya. (ngk/der)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.