Bagaimana Cara Meningkatkan Stamina Tubuh ?

0
4 views

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Saat kita melihat anak-anak kecil berlari-lari sepanjang hari, mungkin diantara kita ada yang bertanya, darimana mereka mendapatkan energi tersebut? Hal yang sama pasti akan terlontar pada mulut orang lain saat melihat Anda berlari-lari seperti anak kecil tersebut saat seusia mereka.

Saat kita masih kecil, kita memiliki. stamina yang tak pernah habis. Namun seiring bertambahnya usia, kebanyakan dari kita akan kehilangan stamina tersebut karena ketidakmampuan kita untuk menjaganya gaya hidup dan makan.

Ilustrasi (WEB)
Ilustrasi (WEB)

Mungkin saat kita masih kecil, saat kita meminum segelas teh manis, kita akan berlari sepanjang hari karena energi dari gula tersebut. Namun saat usia dewasa, saat kita meminum teh manis, kita akan tertidur sepanjang hari karena pengaruh gula tersebut.

Hal ini berhubungan erat dengan sistem metabolisme tubuh kita. Sistem metabolisme berhubungan dengan bagaimana proses pengolahan makanan dilakukan. Seperti yang kita ketahui, semakin bertambah umur seseorang, maka sistem metabolismenya pun akan semakin lambat.

Dan untuk tetap dapat memiliki sistem metabolisme yang baik, kita membutuhkan suatu latihan rutin yang dapat merangsang pencernaan kita untuk tetap bekerja dengan cepat dan baik.

Inilah nantinya yang akan sangat mempengaruhi distribusi energi yang kita butuhkan saat melakukan aktifitas.

Nah, jika Anda menginginkan untuk memiliki stamina saat Anda masih anak-anak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Apa saja cara tersebut? Berikut beberapa cara untuk mendapatkan dan meningkatkan energi dan stamina:

Hal yang pertama kali Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas stamina Anda, bukanlah bersifat fisik, namun mental.

Banyak orang yang berkoar-koar jika mereka akan melakukan olahraga, namun faktanya seiring berjalannya waktu, kegiatan tersebut tidak pernah dilakukannya. Hal ini mungkin saja akan terjadi pada Anda. Untuk menghindari hal ini, hal yang paling utama yang harus Anda persiapkan adalah mental. Jika Anda benar-benar ingin melakukan olahraga untuk meningkatkan stamina Anda, mungkin ada baiknya Anda membuat catatan khusus pada kertas mengenai jadwal kegiatan tersebut. Tujuannya, selain menjadi jadwal kegiatan, hal ini juga dapat menjadi penjaga motivasi Anda dalam berolahraga. Anda bisa menandai setiap progres kegiatan yang telah Anda lakukan sebagai sebuah pencapaian, dan menyisakan ruang-ruang kosong di dinding jadwal sebagai target yang harus diselesaikan. Untuk pertama-tama mungkin Anda bisa melakukan uji coba selama 30 hari. Dan jika Anda bisa melakukannya setidaknya 20 hari, maka itu adalah suatu hal yang bagus. Karena menurut penelitian, dibutuhkan setidaknya pengulangan aktifitas olahraga sebanyak 16 kali untuk menjadi kebiasaan.

Mulailah dengan kegiatan jalan kaki.

Jalan kaki adalah salah satu latihan terbaik di dunia. Aktifitas ini sangat murah dan mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya di mana saja. Tak perlu sebuah gym yang mewah, namun cukup dilakukan di sekitar kompleks rumah Anda. Atau jika kantor Anda tidak terlalu jauh dari rumah, Anda bisa berjalan kaki ke kantor. Untuk awal, cobalah untuk berjalan kaki selama 15 menit. Lakukan secara rutin. Jika Anda merasa kurang berkeringat, Anda bisa meningkatkan kecepatan jalan kaki Anda untuk memompa banyak energi dari tubuh Anda. Dan jika ternyata Anda membutuhkan gerakan yang lebih untuk membakar kalori, Anda bisa melakukan lari interval, yaitu kombinasi jalan dan berlari.

Gunakan alat-alat olahraga murah meriah seperti sepeda

Jika Anda mempunyai sepeda di rumah, jangan dibiarkan tak terpakai. Sepeda adalah alat olahraga yang dapat melatih kardio dengan efektif. Mungkin Anda bisa menggunakannya untuk pergi berbelanja ke toko terdekat, atau menungganginya untuk pergi ke kantor. Atau jika ternyata kedua hal tadi tidak memungkinkan untuk dilakukan, Anda bisa menggunakan sepeda Anda untuk menikmati lingkungan sekitar perumahan Anda pada saat akhir pekan atau hari libur.

Cari referensi gerakan yang mudah untuk dilakukan namun dapat membantu meningkatkan stamina Anda.

Jika Anda membrowsing panduan gerakan untuk meningkatkan stamina di internet, mungkin akan muncul ratusan bentuk set gerakan. Hal ini tentu akan membuat Anda bingung. Pilihlah gerakan yang mudah dilakukan namun mampu membakar kalori dan melatih otot kardio Anda dengan efektif. Selain mencari gerakan yang mudah dan aman, usahakan mencari gerakan yang tidak memerlukan alat yang mahal atau merepotkan.

Lakukan diet

Untuk mendapatkan stamina yang baik, Anda harus melakukan diet. Mengapa? Karena hal ini berkaitan dengan metabolisme tubuh Anda. Untuk itu kelola menu makanan Anda dengan bijak. Hindari mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang sangat besar. Karena semakin tua umur Anda, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat tanpa kombinasi yang seimbang dari protein dan biji-bijian, maka akan semakin mudah Anda kehilangan energi. Selain memilih kombinasi makanan yang tepat, Anda juga harus mengatur kapan jadwal makan Anda. Pilih waktu makan yang tepat. Usahakan jangan makan pada waktu-waktu dimana tubuh Anda sedikit melakukan gerak. Seperti makan malam.

Memiliki stamina yang prima tentulah menjadi harapan semua orang. Untuk mendapatkan hal tersebut, kita tidak bisa hanya berdiam diri. Dibutuhkan suatu usaha yang nyata dan sungguh-sungguh untuk membentuk sebuah kebiasaan. Jika Anda dapat mencoba untuk mengikuti setiap tips untuk setidaknya periode 30-hari, Anda mungkin melihat beberapa perubahan yang sangat positif dalam tubuh Anda. Selamat mencoba.(**)

(RUD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.