Connect with us

PON XIX JABAR 2016

COUNTDOWN 555 PON XIX JABAR 2016 OLEH GUBERNUR JAWA BARAT DI LAPANGAN SEMPUR KOTA BOGOR, MINGGU 15 MARET 201

Published

on

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PON XIX JABAR 2016

Bikin Portal Berita Online Bukan Gaya-gayaan

Published

on

By

SEORANG  teman saya dengan bangganya menunjukkan alamat media online yang baru dibuat dua bulan lalu. Rekan saya itu memang tidak punya latarberlakang usaha di bidang media, dia bukan jurnalis. Tapi dia bekerjasama dengan salah seorang wartawan Mingguan untuk membangun bisnis portal berita. Kata rekan saya, bisnis media online itu menguntungkan, biaya murah dan hasilnya mucekil. Apa benar demikian?
Harus diakui perkembangan media online atau portal berita online belakangan ini sangat pesat. Termasuk di Tatar Piangan. Ada sekitar 10 media online termasuk portal berita milik surat kabar lokal seperti Kabar Pringan dan Radar Tasikmalaya. Tapi hanya beberapa saja yang memenuhi standar jurnalistik. Selebihnya kontennya banyak yang masih copas alias kopi paste, mencontek dari media online lain yang sudah mapan. Akibatnya asal-asalan. Sebenarnya mesin pencari Google akan mensuspend (menyetop) web yang kebanyakan kopi paste. Hanya konten yang orsinilah yang masuk page rank google.
Kalau motivasi membangun portal berita online untuk meraup iklan itu niatnya sudah benar. Tapi kalau hanya gaya-gayaan atau sebagai eksistensi saja sangat disayangkan. Memang modal untuk membangun media online tak sebesar bikin koran atau majalah. Cukup beli domain dan menyewa hosting saja yang kisaran harganya mulai dari Rp 500-Rp 100 Juta. Harga hosting dan domain tergantung kualitas. Membikin media online atau blog memang mudah, masalahnya memeliharanya sulit dan perlu dana besar untuk membeli konten. Kalau portal berita ya menggaji wartawan di lapangan untuk mengisi berita. Namun celakanya kebanyakan pengisi konten atau reporter media online di daerah tak digaji, jadilah kualitas kontennya asal-asalan. Ya kopi paste itu tadi.
Benar, kalau dikelola secara profesional portal berita online bisa menguntungkan. Buktinya di Amerika Serikat media online mulai membuktikan kejayaannya. Untuk pertama kalinya, pendapatan iklan dan pembaca online telah melampaui surat kabar cetak. Dari laporan terbaru, Pew Research Center’s Project for Excellence in Journalism, pendapatan iklan online di Amerika Serikat menyalip pendapatan iklan di surat kabar pada tahun 2013.
Studi ini juga menemukan bahwa lebih banyak orang — 46 persen orang Amerika yang disurvei — mengatakan mereka mengakses berita online setidaknya tiga kali seminggu, melawan 40 persen yang mengatakan mereka mendapatkan berita dari koran dan situs pendamping media mereka.
Hadirnya komputer tablet dan penyebaran smartphone lebih mempercepat perkembangan media online di Amerika Serikat Pendapatan iklan koran selama empat tahun dari tahun 2010 turun hingga 46 persen atau sekitar US$ 22,8 miliar. Sementara iklan online mencapai US$ 25,8 miliar pada tahun 2010. (dar)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.