Connect with us

JURNAL TEKNOLOGI

Google Kembangkan Teknologi Pengenalan Suara Secara Offline

Published

on

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Google terus berinovasi untuk menciptakan teknologi terbaru, khususnya pada fitur pengenalan suara yang akan dikonversi menjadi sebuah perintah. Jika sebelumnya fitur ini hanya bisa diakses secara online, kini kabarnya raksasa mesin pencari itu tengah mengembangkan teknologi pengenalan suara yang bisa diakses secara offline.

Inovasi ini dikembangkan untuk menangani kendala pada layanan pengenalan suara yang harus terhubung dengan koneksi intenet agar dapat mengakses server untuk mengolah data. Sistem ini diracang khusus seringan mungkin yang nantinya akan mendukung perangkat Nexus. Sistem tersebut berukuran sangat kecil, hingga perangkat sekelas Nexus 5 dapat menjalankannya.

Saking ringkasnya, sistem ini dikatakan hanya akan berukuran 20,3MB. Sistem baru tersebut dikatakan akan berjalan lebih cepat ketimbang sistem yang ada saat ini, dan memiliki tingkat kesalahan yang lebih kecil, yakni hanya sebesar 13,5 persen saja.

Seperti dilansir BeritaTeknologi, cara kerja sistem ini memang tidak mudah, Google mengumpulkan tiga juta contoh suara anonim diambil dari pencarian Google. Contoh suara-suara kemudian lebih lanjut terdistorsi menjadi 20 variasi yang berbeda, caranya dengan mengekstraksi suara dari YouTube yang akan memungkinkan sistem untuk mengenali suara yang berbeda bahkan lebih baik.

Selain itu, Google juga mengandalkan satu model untuk dikte dan perintah suara yang mencakup perintah lebih luas. Google Now juga akan datang dengan perintah suara secara offline, namun hal ini masih terbatas untuk beberapa perintah saja. Dengan begitu perintah yang dilontarkan pengguna akan lebih cepat ditanggapi oleh sistem. Selain itu, hal ini juga bermanfaat bagi wilayah yang memiliki koneksi internet terbatas.

(Vetra)

JURNAL TEKNOLOGI

Ini Dia 4 Aplikasi Android yang Tidak Penting

Published

on

By

aplikasi android

Smartphone Android dewasa ini telah menjadi barang laris bagi gadgeter di seluruh dunia setelah iPhone.

Ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak harus ada (diinstal) di perangkat Android, bagi pengguna yang geek (ngoprek) akan peka dengan kondisi tersebut.

Berikut adalah aplikasi yang terkesan tidak berguna jika diinstal di Android :

* Aplikasi penghemat baterai
Penggunaan daya baterai smartphone bukan dipengaruhi oleh aplikasi penghemat baterai, semuanya tergantung pada pemakaian.

* Aplikasi Ram Booster
Sistem android sudah memiliki manajemen memori yang bagus, kapan aplikasi yang tersebut harus di eksekusi dan kapan si aplikasi harus di close sudah di program secara otomatis oleh pengembang.

* Aplikasi penguat sinyal
Koneksi sinyal dipengaruhi oleh jaringan dari provider masing-masing telepon selular, jadi aplikasi tersebut tidak akan berguna.

* Antivirus
Android tidak membutuhkan antivirus, karena android berbasis linux yang notabene tahan virus.

FAD

Continue Reading

JURNAL TEKNOLOGI

Pilih iPhone atau Android?

Published

on

By

Android dan iOs merupakan dua sistem operasi yang sangat berpengaruh di dunia smartphone. Android dikembangkan oleh raksasa teknologi Google, sementara itu iOs dirancang oleh perusahaan Apple.

Keunggulan mutlak android dibanding dengan iOs adalah android bisa fleksibel terhadap gadget apa pun asal mendukung sistem operasi android, sementara itu untuk iOs hanya bisa digunakan oleh produk dari Apple saja.

iPhone juga memiliki performa multi touch dan multi gesture yang lebih baik. Untuk sistem operasinya iPhone menawarkan pengalaman menggunakan ponsel (user experience) yang sangat baik

Berikut review kelebihan dan kekurangan dari Android dan iPhone.

Kelebihan android
– Android merupakan smartphone dengan layar sentuh yang punya performa baik dan tidak pasaran serta menginginkan multi tasking yang baik, android pilihan yang tepat.

– Android merupakan smartphone yang mendukung fitur games dengan grafis yang sangat bagus dan di Google Play juga tersedia banyak aplikasi gratisan.

Kekurangan android
– Android terkesan sangat boros, android membutuhkan baterai yang sangat besar ketimbang iPhone.

– Update software terkesan lama , karena yang didulukan pasti smartphone buatan Google terlebih dahulu (ex. Google Nexus)

Kelebihan iPhone
– Update Software Cepat
Apabila Apple mengeluarkan sistem update softwarenya, maka semua pengguna iPhone akan bisa langsung merasakannya secara otomatis dan tinggal di download terlebih dahulu. Sistem update ini akan terasa hingga produk Apple yang lawas sekali pun.

– Jarang Hang
Dibanding android, iPhone sangat jarang terkena hang bahkan tidak pernah. Sistem operasi dari iOs sangat stabil dan bebas dari aplikasi ‘aneh aneh’. Sistem juga di update secara berkala oleh Apple, jadi kestabilannya selalu terjaga

Kekurangan iPhone
– Harga Jual Yang Terbilang Mahal
Untuk periode sekarang ini, mulai dari iPhone 4 sampai yang terbaru pun harga jualnya masih terlalu mahal untuk sebagian kalangan. Berbeda dengan android yang bisa dipake oleh semua kalangan.

– Aplikasi di App Store Berbayar
Berbeda dengan Google Play, App Store ini memiliki beragam aplikasi yang berbayar, dan untuk pengguna iPhone sangat terbatas aplikasi yang gratisan.

So? Belilah smartphone yang sesuai dengan kebutuhanmu agar bermanfaat ke depannya….

 

Continue Reading

JURNAL TEKNOLOGI

Ini Penyebab AMD Lebih Panas dari Intel

Published

on

By

Duo perusahaan raksasa dalam bidang Perangkat Processor komputer antara intel dan AMD sudah melancarkan persaingan sengitnya sejak pertama kali hadir dalam dunia teknologi komputer.

Masing-masing fanboy (orang yang fanatik) akan saling melakukan sindiran ke kedua brand tersebut, bahasannya akan selalu sama mulai dari kinerja, komputasi, Game dll.

Bagi yang bijak, kehadiran baik intel atau AMD akan diperhitungkan penggunaan mereka dalam rakitan sistem komputer yang dipakai.

Mitos sejak zaman dahulu yang sering disinder oleh fans intel adalah bahwa AMD panas, fans AMD membalas bahwa AMD tidak setangguh intel dalam menjalankan grafis game, oleh sebab itu AMD Panas.

Hal lain yang membuat AMD panas adalah arsitektur dari prosesor itu sendiri, intel core i7 sudah memakai konduktor 14nm, tidak seperti AMD FX yang paling gahar dengan 8 Core pun masih memakai konduktor 32nm, sehingga ada perbedaan penggunaan daya listrik (Watt) dalam masing-masing prosesor.

Mengenai ketangguhan dalam komputasi, semua bergantung pada komposisi rakitan yang dipakai, fans intel akan memakai prosesor intel dan gradis nVidia, sementara fans AMD akan memakai prosesor AMD dan grafis AMD Radeon.

Dan perang persaingan pasar kedua manufaktur raksasa ini akan terus menjadi duopoli dalam dunia teknologi.(*)

 

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.