Ilmuwan Inggris Ciptakan Mikro Memory “Superman”

0
3 views

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Penelitian di United Kingdom (UK) telah mengembangkan sebuah cara mengirimkan data ke benda dengan struktur mini yang terbuat dari bahan gelas. Teknologi penyimpanan data yang dibuat oleh ilmuan dari Universitas Southampton ini dinilai sudah stabil dan aman untuk digunakan.

Selain itu, benda ini juga mirip memory kristal pada film “Superman” yang bisa bertahan sampai miliaran tahun lamanya.

Seperti yang dilansir CNN, penemuan tersebut tidak nampak seperti kristal yang dipakai oleh Superman. Bentuk mikro memori diadaptasi dari kaset kecil berbahan gelas yang digunakan untuk menyimpan dokumen bersejarah seperti data Deklarasi Internasional mengenai Hak Asasi Manusia dan Bible.

“Teknologi tersebut dapat mengamankan bukti-bukti tentang perkembangan peradaban kita dan semua yang telah kami pelajari tak mungkin terlupakan,” kata Peter Kazansky seorang profesor dari Universitas tersebut.

Para peneliti dari Southampton telah melakukan presentasi mengenai penemuan tersebut di dalam sebuah konferensi internasional di San Fransisco.

Dalam presentasinya disebutkan bahwa kaset yang bernama 5D ini mampu menyimpan data sebanyak 360 terabytes. Selain itu, para ilmuan juga menggunakan sebuah laser pintar untuk mengunci dan mengkode informasi kedalam struktur nano.

(Vetra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.