Ini Alasan Kenapa Rupiah Terpuruk

0
0 views
Politisi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait
Politisi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait

JATINANGOR-Rupiah yang makin terpuruk hingga Rp 13.000 perdolar Amerika, membuat sejumlah pihak merasa miris. Namun, politisi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait, mempunyai alasan lain terkait melemahnya nilai tukar rupiah tersebut.

“Itu terjadi karena adanya factor makro penguatan di Amerika, ekonomi membaik. Bank sentral Amerika memberikan sesuatu yang lebih baik, sehingga uang yang balik ke Amerika itu menjadi besar, jadi menjadi tinggi. Investasi keluar jadi aga berkurang,” ungkap Ara dalam sebuah acara di Jatinangor, Rabu (18/03/2015).

Sebut Ara, Indonesia terpengaruh karena system ekonomi makronya tidak bisa terpisah dengan Negara lain. “Tentunya kita berkepentingan sekali, bagaimana uang yang masuk ke Indonesia itu, bukan hot money. Hot money itu artinya uang yang bisa dimasukan dalam saham jangka panjang,” tambahnya.

Lanjut dia, ke depan investasi yang masuk ke Indonesia harus masuk ke bidang infrastruktur seperti pembangunan pabrik, jalan tol. “Jadi investasinya jangka panjang, termasuk juga pungli (pungutan liar, red.) harus dikurangi,” imbuhnya. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.