Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Banjar Naik

0
0 views

BANJAR, JP.com – Seperti biasa, jelang Ramadan harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Banjar mulai naik. Kenaikan terjadi pada komoditi daging ayam. Naik dari Rp 29-30 ribu kini menjadi Rp 33 ribu per kilogram.Kenaikan juga terjadi pada komoditi lain seperti sayuran, cabe, daging sapi dan gulamerah.
“Kenaikan mencolok terjadi pada daging ayam, naik sejak kemarin (Jumat 12/106/2015),” kata Kokom Komariah salah seorang pedagang di Pasar Banjar.
Menurutnya dia, kenaikkan sudah biasa terjadi setiap jelang Ramadan. Dia pun memprediksi bila harga akan kembali naik jelang Ramadan kali ini.
Tahun lalu saja, kata dia, dua atau tiga hari Ramadan harga daging ayam berkisar antara Rp 35-36 ribu. Namun dirinya belum bisa memastikan harga tahun ini lebih tinggi atau kurang dari tahun lalu. “Kalau permintaan banyak, jelas harga pasti naik dan itu sudah tiap tahun seperti itu,” tuturnya.
Kenaikkan harga terjadi bukan hanya daging ayam, telur ayam pun ikut naik. Dari yang biasanya Rp 17 ribu kini menjadi Rp 20.500 per kilogram. “Harga telur hampir tiap hari naik, meski naiknya tidak terlalu tinggi. Hanya dua ratus rupiah per kilonya,” ujar Jeni Saefi (32), pedagang di Pasar Banjar.
Komoditi lain yang mengalami kenaikan yakni minyak curah, gula pasir, tepung juga mulai naik. Minyak dari awalnya Rp 9.000 naik menjadi Rp 10.500 per kilogram. Gula pasir dari Rp 10 ribu menjadi Rp 11 ribu per kilogram dan tepung dari Rp 7.500 menjadi Rp 8.000 per kilogram.
Sedangkank harga sayuran, terang dia, masih stabil. Kemungkinan dua hari jelang puasa naik. “Itu mah sudah biasa naik jelang puasa,” pungkasnya. (uda/dir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.