Musim Hujan, Pasien RSUD Ciamis Membludak

0
1 views

CIAMIS, JP.COM- Dalam tiga bulan terakhir ini  ruang perawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis mengalami peningkatan pasien. Bahkan sebagian pasien terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit lain yang ada di Tasimlaya dan Banjar. Lonjakan pasien ini terlihat dari banyaknya kendaraan yang terparkir di halaman RSUD Ciamis.

Direktur RSUD Ciamis  dr. Aceng Solahuddin mengakui beberapa bulan terakhir ini RSUD  mengalami peningkatan pasien yang cukup signifikan.

Ada dua faktor utama yang menyebabkan meningkatnya jumlah pasien yakni datangnya musim penghujan dan bertambahnya fasilitas yang ada di RSUD Ciamis.

Menurut dia, pada i musim penghujan ini banyak warga yang terserang penyakit musiman. Akibatnya, banyak warga yang berobat ke rumah sakit.Dia menjelaskan,, meningkatnya jumlah pasien ini memberikan dampak terhadap pelayanan. Rumah sakit tidak bisa menampung seluruh pasien yang berobat.

Kapasitas ruang perawatan yang dimiliki terbatas, yakni hanya 169 bed atau tempat tidur saja. Untuk itu, jika semua sudah digunakan semua, pihaknya menyarankan pasien untuk berobat ke rumah sakit lain atau puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap.

“Kalau perawatan ringan, kita arahkan untuk berobat ke puskesmas rawat inap. Kalau tidak, kita arahkan ke klinik pratama yang ada di sekitar Ciamis,” jelasnya.(nana/dar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.