NASA : Matahari Tak Selamanya Sinari Bumi

0
2 views

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Matahari merupakan sumber kehidupan manusia. Tanpa matahari, planet Bumi kita akan membeku dan manusia akan kehabisan bahan makanan.

Namun nyatanya, matahari ternyata tak akan abadi menyinari bumi. Diperkirakan sekitar 5 -7 miliar tahun kedepan, matahari akan mati.

Dilansir dari Live Science, jika Matahari mati, maka gravitasi akan memaksa Matahari jatuh ke intinya, lalu membakar hidrogen dan membuatnya menjadi raksasa besar. Lapisan luar Matahari akan menyebar dan menyambar planet-planet yang ada di orbit termasuk Bumi.

Ilmuwan dari Lowa State University, Lee Anne Wilson, mengibaratkan Bumi yang seakan dikremasi dan abunya menyebar diantara bintang-bintang saat Matahari berubah menjadi raksasa. Lalu panas Matahari akan membakar habis helium dan Matahari pun akan mengecil.

Hal ini disebabkan karena Matahari terlalu kecil untuk meledak di Supernova. Ia akan berubah menjadi bintang katai putih (white dwarf).

“Jadi sebelum itu terjadi, manusia harus mencari tempat tinggal baru. Itu menjadi alasan mengapa NASA melakukan eksplorasi,” kata ilmuwan Heliophysics Division, Goddard Space Flight Center NASA, Dr. Nat Gopalswamy.

(Vetra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.