Rentenir Berkedok Koperasi Patok Bunga Sampai 30 Persen

0
0 views

CIAMIS-JP.com Sungguh memprihatinkan, rentenir berkedok Koperasi Simpan Pinjam (KSP) marak di Ciamis. Sasarannya adalah masyarakat kecil yang terhimpit ekonomi.
“Mau bagaimana lagi salah satu cara untuk mendapat permodalan ya dengan pinjem ke rentenir kalau ke bank banyak perryaratan,” kata salah seorang pedagang.
Alih-alih bisa membangkiran usaha, rentenir malah mencekik para pedagang. Akibatnya pedagang kecil malah terlilit utang. Dari hasil penelusuran wartawan JP.com di beberapa pasar tradisional Kabupaten Ciamis pinjaman dari beberapa koprasi simpan pinjam bunganya bisa mencapai 30%. Bunga tinggi membuat usaha para pedagang banyak yang bangkrut.
Salah seorang aktivis Ciamis Ujang Haeruman dari FTK (Front Tranparansi dan Keadilan) mendesak Pemkab Ciamis untuk segera mengambil langkah. Sebab, jika dibiarkan berlaur-larut pedagang kecil akan menderita. “Memang sangat dilematis, di satu sisi masyarakat perlu duit, tapi disisi lain harus menanggung bunga yang besar,” katanya.
Menurut Ujang koperasi simpan-pinjam hanya dipaki kedok belaka. Bahkan di Ciamis banyak yang mempunyai izin operasi. Padahal praktek di lapangan malah mencekik leher rakyat kecil.
“Saya mengimbau para tokoh masarakat, tokoh alim ulama,tokoh pemerintahan segera duduk bersama untuk menyelesaikan permasalhan ini. MUI juga harus fatwa haram terhadap pelaku usaha koprasi yang tidak sesuai norma norma agama islam.(uher)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.