Teknologi Pemindai Sidik Jari Smartphone Mudah Dibobol

0
7 views

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Teknologi pemindai sidik jari digadang-gadang merupakan teknologi dengan keamanan yang sangat tinggi. Bagaimana tidak, smartphone yang menggunakan fitur ini hanya dapat dibuka dengan menggunakan sidik jari penggunanya.

Dilansir dari laman Quartz, beberapa penelti dari Michigan State University menemukan cara mudah membuka smartphone yang menggunakan teknologi pindai sidik jari tersebut. Bahkan peneliti tersebut menggunakan teknologi sederhana dan mudah dijumpai di kehidupan sehari-hari.

Peneliti-peneliti tersebut hanya menggunakan printer, tinta perak dan kertas foto. Prosesnya cukup sederhana, peneliti memindai sidik jari target yang akan dijadikan sasaran. Seteah itu, gambar diatur terlebih dahulu mendapatkan kontras yang sesuai. Kemudian hasileditan tersebut diduplikasi dan dicetak di kertas glossy yang menyerupai foto menggunakan tinta konduktif dan hasl cetaknya kemudian ditempel ke smartphone.

Ternyata hasilnya kedua peneliti tersebut yakni Anil Jain dan Kai Cao berhasil membuak dua dari empat smartphone yang menggunakan teknologi tersebut.

Cao mengatakan tidak menutup kemungkinan hacker dapat merubah dengan melakukan duplikasi sidik jari dengan mudah. Penelitian ini menunjukan bahwa teknologi tersebut memiliki kerentanan sehingga para peneliti mengingatkan supaya perusahaan smartphone dapat mengembangkan cara agar terhindar dari penyalahgunaan oleh pihak lain.

(Vetra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.