Usaha Pembenihan Cabe di Kawali Sangat Prospek

0
5 views
Ilustrasi/net
Ilustrasi/net
Ilustrasi/net
Ilustrasi/net

CIAMIS, JP.com Pengakaran benih cabe di Desa Kawali Mukti Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis mempunyai prospek yang sangat bagus.

Pengelolaan penangakaran benih cabe tersebut berangkat dari harga cabe yang tidak menentu atau tidak stabil bisa berubah kapan saja, maka ketua Asosiasi Agribisnis Cebe Indonesia (AACI) Asep Halim berfikir untuk membuat penangkaran benih cabe yang dikelolaan langsung oleh petani sekitar.

“Kalau harga cabe bisa naik dan turun secara derastis, tapi kalau harga benih tetap stabil tidak terpengaruh oleh musim atau harga cabe konsumsi di pasar, dan itu mungkin yang bisa mensejahterakan petani,” kata Asep Halim.

Lanjut Asep Halim, ada sekitar 0,8 hektar persegi lahan yang dirinya dan petani saat ini kelola dengan tambahan fasilitas dua screenhouse untuk persemaian cabe, berdiri diatas tanah bengkok desa Kawali Mukti. Dengan lahan tersebut  Asep dan petani bisa memproduksi benih cabe siap jual hingga 60 kikogram perbulan dan dijual dengan harga  Rp 40.000 per 10 gram.

“Biaya satu pohon cabe sepuluh ribu dengan satu kali panen perpohon bisa mencapai¬† 30 gram,” ucapnya.

Pangsa pasar untuk benih cabe ini sampai ke Jawatengah, Jawatimur dan sudah tentu sejumlah petani di Jawabarat sudah mulai meminta benih cabe yang memiliki beberapa parietas seperti Cabe keriting, cabe kencana, Cabe besar, Cabe tanjung II, Cabe lingga dan Cabe Ciko.

“Dengan semakin meningkatnya permintaan tersebut memang perlu ada sarana penunjang lain seperti gudang dan tambahan screen house sekitar dua lagi,” ucap dia.

Asep menambahakan, dirinya meminta dukungan kepada pemerintah daerah untuk pengembangan penangkarang cabe ini, demi kesejahtera petani.(UDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.