[Video] Ini yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

0
3 views

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Apa kamu tahu jika bumi berhenti berputar apa yang akan terjadi pada kehidupan di dalamnya? Majalah online Tech Insider telah mempublikasikan sebuah video animasi yang menggambarkan dampak jika bumi berhenti berputar.

Video animasi yang berdurasi dua menit kurang ini menjelaskan bahwa, dampak yang terjadi jika Bumi berhenti berputar yaitu semua objek akan terus berotasi dengan kecepatan yang sama dengan sebelumnya. Hal itu terjadi sebagai akibat dari kekekalan momentum.

Pertama-tama bumi akan diterpa angin kencang yang langsung menyebabkan tsunami terbesar. Satu hari akan menjadi satu tahun, di mana enam bulan pertama matahari akan bersinar tanpa berhenti.

Seperti dilansir dari Nationalgeographic, mahluk hidup yang bertahan akan mengahadapi cuaca panas ekstrim dan kekeringan. Tidak hanya itu, Bumi juga akan dihantam musim dingin yang amat keras dan kegelapan selama enam bulan selanjutnya.

Matahari akan terbit dari barat dan tenggelam di timur hanya sekali dalam setahun. Tidak hanya musim saja, ketika Bumi berhenti berputar, perbatasan antara lautan dan daratan juga akan berubah. Ketika Bumi berotasi, gaya sentrifugal akan menyebabkan planet memiliki tonjolan atau bulge di sepanjang ekuator.

Karena jika Bumi tidak berotasi maka tidak akan ada tonjolan. Tanpa ada tonjolan maka semua air yang ada di ekuator akan bergerak ke kutub, dan akan terbentuk dua lautan raksasa di kutub utara dan selatan.

Sedikit sekali peluang mahluk hidup akan bertahan di Bumi, karena gaya gravitasi akan memudar, dan bahaya radiasi mengancam Bumi.

(vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.