Pedagang Makanan dan Minuman Gunakan Zat Berbahaya Diancam 15 Tahun Penjara

  • Whatsapp

Bandung.-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung ancam polisikan pedagang makanan dan minuman yang gunakan zat kimia berbahaya.Sanksi hukumnya  5 sampai dengan 15 tahun penjara.

Walaupun ancaman hukumannya berat,namun  tidak menjadikan pedagang takut,karena masih banyak ditemukan makanan dan minuman gunakan zat berbahaya.Dalam beberapa razia,selain makanan dan minuman berzat berbahaya,juga masih ditemukan makanan dan minuman kadaluarsa.

Muat Lebih

Umumnya  para  penjual makanan dan minuman  menggunakan bahan terlarang dan berbahaya ,seperti mencampur bahan makanan dengan zat kimia rhodamin, boraks, formalin, atau zat berbahaya lainnya.

Sanksi tegas seperti dilaporkan ke polisi memang belum dilakukan,kalau tetap membandel mereka akan dilaporkan ke polisi untuk diproses hukum.Ancaman hukumannya minimal 5 tahun penjara dan maksimal 15 tahun penjara.

Pedagang yang membandel dapat dieknakan sanksi pasal 204 ayat (1) KUHPidana tentang Perbuatan Menjual atau menawarkan suatu barang yang berbahaya bagi jiwa dan kesehatan orang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan atau pasal 62 ayat (1) UU RI No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Pos terkait