Agun: Baik Buruk Pengelolaan Negara Ditentukan Oleh Kualitas Pemilihan Pemimpin Parpol

  • Whatsapp

 

CIAMIS: Anggota DPR-RI dari Dapil Jabar X Agun Gunandjar Sudarsa mengungkapkan, pengelolaan negara dengan sistem demokrasi akan baik jika peran fungsi partai politik berjalan dengan benar. Baik buruknya negara dipengaruhi oleh baik kinerja partai politik. Sebab dalam demokrasi, kepemimpinan negara yang diberikan mandat untuk menata dan mengelola negara, dipilih melalui mekanisme pemilu yang diikuti oleh partai politik peserta pemilu.

Bacaan Lainnya

Namun kata, Kang Agun sapaan akrabnya, kinerja partai politik makin merosot. Merosotnya kinerja partai politik belakangan ini disebabkan ketidakpahaman menjalankan Undang-Undang Partai Politik. Akibatnya, demokratisasi tak berjalan dan praktik-praktik yang berlaku koruptif. “Selama aturan Undang-Undang Parpol tidak dijalankan jangan harap parpol terbebas dari praktik koruptif dan oligarki yang dikendalikan pemodal,” kata Agun Gunandjar Sudarsa pada acara sosialisasi Empat Pilar di Kabupaten Ciamis, (26/11/2019).

Politisi senior partai Golkar ini menambahkan, kehadiran partai politik harusnya mampu menopang pemerintahan yang efektif. Belakangan, kata Agun, partai politik sudah dikuasai para pemodal dan menguatnya praktik politik uang. Ia melihat, parpol harus sepenuhnya bisa berjalan lewat pendidikan dan kaderisasi parpol.

“Jika partai politik tidak mampu melaksanakan fungsi agregasi, pendidikan, kaderisasi, dan rekruitmen calon pemimpin dengan baik, maka nasib negara akan di bawa ke mana. Sebab dalam negara demokrasi ini pemimpin negara berawal dari kepemimpinan di partai politik. Kalau kepemimpinan di parpol tidak terjamin dan teruji kualitasnya, baik kompetensi maupun integritasnya akan sangat kacau. Oleh karena itu menurut Agun untuk membangun bangsa dan negara ini menjadi lebih baik dan sejahtera, maka rakyat harus selektif dalam memilih pemimpin yang disuguhkan oleh parpol.

Menurut Agun elit partai politik sudah seharusnya menjadikan partai politik yang mampu menjalankan peran dan fungsinya. Yakni untuk menyiapkan dan menghadirkan para pemimpin yang berkualitas, jelas kompetensi dan integritasnya. (rev)

Pos terkait