Artis Dangdut Evie Tamala Bakal Nyalon Bupati Tasik?

  • Whatsapp

TASIKMALAYA,JP.COM-Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020 setahun lagi, namun gaungnya sudah terasa. Spanduk dan banner yang mengaku calon bupati sudah tersebar di pelosok Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan Keluarga Besar Mayasari Grup sudah mendeklarasikan Azis Rismaya Mahfud untuk maju dalam perhelatan politik yang bakal digelar November 2020 mendatang.

Dari banyaknya calon yang muncul ada sosok artis dangdut yang mulai ramai dibicarakan. Dia adalah Evie Tamala. Kemunculan Evie jelang pilkada, pernah terjadi pada pilkada tahun 2011, Evie Tamala saat itu digadang-gadang bakal mendampingi Uu Ruzhanul Ulum. Dan Uu pun ngebet menggandeng Evie Tamala sebagai calon wakilnya.

Muat Lebih

Namun artis asal Cigalontang itu tak merespon ajakan Uu. Anggota keluarga Evie Tamala, Maulana Janah yang juga sebagai pengamat politik Tasikmalaya itu mengungkapkan alasannya. Pelantun hits “Selamat Malam” tidak merespon terjuan ke dunia politik karena tak mendapat restu dari keluarga.

“Dulu pernah diajak sama Pak Mumung maju di jalur independen, namun pihak keluarga menolak,” ujar pria yang akrab disapa MJ ini. Namun saat itu MJ tidak menjelaskan alasan pihak keluarga menolak pinangan untuk dijadikan calon wakil bupati. “Intinya pihak keluarga tidak mengiznkan,” tegasnya.

Jelang Pilkada 2020 Tasikmalaya nama Evie Tamala kembali santer dibicarakan. Saat manggung di pentas Tasik Motekar 2019 dalam rangka Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya di Lapangan Gebu, beberapa fans menginginkan Evie meramaikan bursa pilkada 2020.

“Setuju pisan pami nyalon bupati Tasik mah pendukungnya banyak,” katanya.

Kemunculan kembali artis jelang Pilkada, menurut pengamat politik Tasikmalaya, Asep M Tamam, sangat biasa. Sebab artis bisa meraup suara karena popularitasnya. Contohnya ketika, Ahmad Heryawan sukses jadi Gubernur Jabar untuk kedua kalinya, karena memilih artis Dedi Mizwar.

“Kultur Jawa Barat memang demikian, selalu pilih figur artis,” katanya.

Menurut dosen IAIC Cipasung ini, tokoh dari kalangan artis bisa meraup suara dari pemilih yang mementingkan emosionalitas. Artinya pemilih yang tidak melihat siapa tokoh tersebut, melainkan dilihat dari tingkat keterkenalan calon tersebut.

Hasil analisanya, pemilih yang mementingkan emosionalitas di Kota Tasikmalaya kurang lebih mencapai 50 persen. Jabar orang Tasik memilih pasangan Dede Yusuf- Lasmana. Mereka lebih memilah calon yang benar-benar bisa membawa kebaikan pada masyarakat. Adapun, pemilih ideologis, kata dia, adalah pemilih yang mempunyai pegangan teguh terhadap satu partai dan siapa pun calonnya pasti mereka dukung.

“Yang tetap adalah pemilih yang ideologis tidak akan bisa diganggu gugat untuk berpaling ke yang lain, beda halnya dengan yang emosionalitas,” tuturnya.

Adapun artis yang layak dijadikan alternatif pasangan incumbent di Kabupaten Tasikmalaya seperti Evie Tamala, Caca Handika, Iceu Trisnawati, Alam dan artis lainnya. Mereka akan menjadi pembeda dalam Pilkada 2015 jika digaet oleh partai politik.

Maulana Jannah menambahkan, pemilihan artis sebagai cawabup para incumbent berpotensi meraup suara tinggi. Contoh, Ahmad Heryawan sukses menjadi Gubernur Jabar untuk kedua kalinya, salah satu faktornya karena memilih artis Dedi Mizwar. Aktor yang sukses memerankan film parodi karya Asrul Sani itu memiliki popularitas yang lebih besar dibandingkan Ahmad Heryawan.

Dijelaskannya, tokoh dari kalangan artis bisa meraup suara dari pemilih yang mementingkan emosionalitas. Dalam arti pemilih yang tidak melihat siapa tokoh tersebut, melainkan dilihat dari tingkat keterkenalan calon tersebut.

Hasil analisanya, pemilih yang mementingkan emosionalitas di Kabupaten Tasikmalaya kurang lebih mencapai 50 persen. Kemudian ada juga pemilih yang mengandalkan rasionalitas. Mereka lebih memilah calon yang benar-benar bisa membawa kebaikan pada masyarakat. Adapun, pemilih ideologis, kata dia, adalah pemilih yang mempunyai pegangan teguh terhadap satu partai dan siapa pun calonnya pasti mereka dukung.

Adapun artis yang layak dijadikan alternatif pasangan incumbent di Kabupaten Tasikmalaya seperti Evie Tamala, Caca Handika, Iceu Trisnawati, Alam dan artis lainnya. Mereka akan menjadi pembeda dalam Pilkada 2015 jika digaet oleh partai politik. (irf)

 

Pos terkait