Mesin Parkir di Tasik Mubazir, Wakil Walikota: Nanti Tahun Depan Difungsikan

  • Whatsapp

TASIKMALAYA, JP.COM –Sebanyak 25 tapping box (mesin parkir) di Jalan KH Zaenal Mustofa Tasikmalaya mangkrak dan cenderung mubazir. Padahal untuk pengadaan alat itu memakan dana ratusan juta.

Diketahui, Tapping box ialah alat penangkap transaksi yang tercetak oleh printer point of sales. Manfaatnya bagi wajib pajak terhindar dari laporan internal fiktif karena dapat mengetahui pendapatannya secara riil. Sedangkan bagi pemerintah meningkatnya transparansi, akuntabilitas, efektifitas dan efesiensi dalam pemungutan pajak

Cara kerja Tapping Box akan ditempatkan diantara Point Of Sales ( Cash Register atau CPU ) dan Printer. Saat akan melakukan print bill atau struk, secara otomatis data yang akan dikirim ke printer ditangkap terlebih dahulu oleh tapping box kemudian dicetak di printer. Prinsip kerja alat ini tidak akan mengganggu system yang dioperasikan di point of sales ataupun pada hardware yang digunakan.

Wakil Walikota Tasikmalaya HM Yusup membantah mangkrak, tapi tapping box yang dipasang sejak 2018 akan difungsikan tahun 2020. “Ya nanti akan segera dipungsikan tahun depan, karena kan akan mendongkrak PAD. Pokoknya tak ada alasan lain harus dipunsikan tahun depan,” ujar melansir radartasikmalaya.com, Selasa (26/11).

Wakil Walikota juga melakukan rapat koordinasi dengan pihak Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Tasikmalaya. Dalam rapat itu dibahas evaluasi retribusi dan pajak yang sudah jadi target  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Yusuf menambahkan, walaupun demikian masih ada bebetapa dinas penghasil retribusi yang baru mencapai 80 persen dari targetnya. ” Tapi mereka siap memenuhi target 100 persen karena masih ada waktu dan terakhir kita evaluasi pada 25 Desember bulan depan,” tambahnya.

Jelas dia, hal ini tentunya menjadi bahan evaluasi juga untuk menjaring PAD di 2020. “Jadi kita tak muluk-muluk soal dapur pemerintah yang harus berjalan. Dengan belanjanya dilihat dari sektor pendapatan sesuai proyeksinya,” jelasnya.(zer)

 

Pos terkait