Nama SD Siluman di Tasikmalaya Unik, Viral di Medsos

  • Whatsapp

TASIKMALAYA,JP.COM-Apa arti sebuah nama, tapi nama itu penting. Di Tasikmalaya ada nama SD yang dinilai tak lazim bahkan menyeramkan. Nama tiga SD itu bernama SD Negeri Siluman. Plang bertuliskan SD Negeri 2 Siluman di Jalan Rajawali, Kampung Gunung Kialir, Kelurahan Setiajaya, Kecamatan Cibeureum tersebut berada di jalan utama Tasikmalaya-Manonjaya atau berada di tepi Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya

Melansir  pikiran-rakyat.com menurut Kepala SD Negeri 2 Siluman Asep Awaludin nama sekolah itu bukan nama tempat, karena sekolah berlokasi di Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibeureum. Asep sempat mendengar kisah dari mulut ke mulut para kokolot dulu penamaan nama sekolah itu  bukan merujuk pada sosok mahluk halus yang umum dikenal masyarakat. Siluman justru menunjukkan wilayah sekolah itu tersembunyi.

Muat Lebih

“Karena pada zaman Belanda, tersembunyi. Silem kan tilem, tidak terlihat,” ucapnya.

Kepala SDN Negeri 1 Siluman Iis Suhartini menambahkan  sekolahnya memang berada di Kampung Siluman, Kelurahan Setiaratu. Rupanya, siluman merupakan nama kampung di sana.

Dia menceritakan SD Negeri 2 Siluman berdiri pada 1961. Awalnya, SD itu berdampingan dengan sekolah lain, yakni SD Negeri 4 Siluman dan SD Angkasa 2. “Sekitar 2015 dimerger,” ucap Asep saat ditemui di sekolahnya, Senin siang.

Selepas penggabungan, sekolah tersebut hanya menggunakan satu nama, SD Negeri 2 Siluman. Menurut dia, pandangan masyarakat biasa saja terhadap nama sekolah itu. Keheranan hanya muncul dari tamu-tamu yang berasal dari luar Kota Tasikmalaya.

Asep mencontohkan saat sekolahnya kedatangan aksesor akreditasi dari Bandung pada Agustus 2019. “Namina lereus siluman (namanya apa betul Siluman, -red),” ucap Asep menirukan pertanyaan petugas aksesor tersebut. Sang petugas seperti tak yakin dengan nama sekolah itu.

Namun Persoalan nama nyatanya juga tak berpengaruh terhadap akreditasi sekolah. “Alhamdulillah hasil akreditasinya A,” kata Asep. Ia menambahkan, anak-anaknya justru terbilang berprestasi di tingkat kecamatan. Bukti tersebut tampak dari seabrek piala yang disimpan di lemari sekolah.

Ternyata nama Siluman ini tidak menjadikan para siswa minder. Sekolah dengan nama yang unik dan “mistis” ini justru memiliki seabrek prestasi.

Siswa terbanyak

Siswa SD Negeri 2 Siluman pernah menyabet juara atau peringkat satu atletik lempar putri 02SN Kecamatan Cibeureum 2019, Juara Karate Putri 02SN Kecamatan Cibeureum 2019, Peringkat II Sepak Bola 02SN Kecamatan Cibeureum 2019, Peringkat II Gerakan Salat Sapta Lomba PAI Kecamatan Cibeureum 2019. Piala-piala penanda prestasi sekolah itu masih banyak dan bertumpuk di lemari.

Selain berprestasi, nama yang unik juga tak membuat para murid menjadi korban risak atau olok-olok. “Misalnya, ketika ada lomba tingkat kecamatan, paling tidak di kota, tidak ada pengolok-olokan (terhadap siswa, -red),” ujar Asep.

Minat orang tua siswa menyekolahkan anaknya ke SD Negeri 2 Siluman juga tinggi. “Sekarang saja kita punya siswa SD terbanyak di tingkat kecamatan, kita punya 501 siswa sampai hari ini,” ucapnya.

PRESTASI Sekolah Dasar Negeri 2 Siluman di Kampung Gunung Kialir, Kelurahan Setiajaya, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya.*

Iis mengaku penamaan unik tersebut mengacu pada kondisi wilayah kampung itu yang berkabut dan dikelilingi bukit-bukit di masa lalu. Beberapa bukit tersebut dikenal dengan nama Gunung Mangri dan Sirap. “Jadi (kata, -red) masyarakat teh seperti tidak ada (tak terlihat, -red),” ujar Iis.

 

Kini, pemandangan kampung dilingkungan gunung tersebut sudah tak tersisa. Gunung Mangri, lanjut Iis, sudah lenyap menjadi perumahan. Sedangkan Gunung Sirap masih bertahan lantaran menjadi lokasi permakaman. Iis juga mengaku tak ada permasalahan dengan nama yang unik itu.

Tak ada aksi perundungan yang dialami siswanya lantaran hal tersebut. Soalnya, nama siluman sebagai sebuah kampung sudah dikenal warga sejak lama. Minat calon siswa bersekolah di sana juga tak terpengaruh. Warga masih antusias menyekolahkan anaknya di SD Negeri 1 Siluman.

Alih-alih tertekan, para murid justru membuat bangga sekolah dengan prestasinya. SD Negeri 1 Siluman menyabet berbagai penghargaan di tingkat kecamatan dan kota. Beberapa penghargaan yang diraih adalah Pinunjul 1 Sajak Wanoja ABSSD Kecamatan Cibeureum 2019, peringkat III melukis FLS2N Kecamatan Cibeureum 2019, Pinunjul III Sajak Jajaka ABSSD Kecamatan Cibeureum 2019, Harapan 3 Maca Sajak Wanoja ABSD SD Kota Tasikmalaya 2019, Harapan II Cipta dan Baca Puisi FLS2N SD Kota Tasikmalay 2019.

“Nama unik tetapi prestasi seabrek,” ucapnya. Jikapun ada yang menyinggung persoalan nama, hal itu cuma berupa gurauan antarguru sekolah. SD Negeri 1-3 yang kepala sekolahnya perempuan disebut dengan ratu siluman. (*)

 

Pos terkait