Pakai Dana Desa untuk Bayar PBB, Kades Cipakat Singaparna Masuk Bui

  • Whatsapp

TASIKMALAYA,JP.COM-Akhirnya kepala Desa Cipakat Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya ditahan Polres Tasikmalaya.  Kades berinisial AG ini ditahan untuk pemeriksaan tahap penyidikan selama 20 hari. AG diduga korupsi dana desa

“Memang benar kami telah menahan Kepala Desa Cipakat, berinisial Ag karena yang bersangkutan tersangka dugaan korupsi dana desa tahap II tahun anggaran 2017,” kata Kabid ‎Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/10/2019).

Dijelaskan,  Pemerintah Desa Cipakat sudah menganggarkan sejumlah pembangunan di wilayahnya dengan menggunakan dana desa tahap II senilai Rp 317.096.700.

“Dana desa yang sudah cair pada tahap II, digunakan untuk pembangunan senilai Rp 187 juta lebih,” ujar Trunoyudo.

 

Pemerintah Desa Cipakat sudah menganggarkan sejumlah pembangunan di wilayahnya dengan menggunakan dana desa tahap kedua senilai Rp317.096.700. Uang senilai Rp187 juta yang sudah cair sudah dipakai untuk proyek pembangunan, sisanya Rp129 juta digunakan guna membayar tunggakan pajak bumi dan bangunan 2017.

Uang senilai Rp129 juta itu menurut rencana awal harusnya digunakan untuk pengadaan alat poliklinik desa dan rehabilitasi balai warga, tetapi malah digunakan untuk membayar tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan.

Dari hasil penyelidikan dan audit Inspektorat Pemkab Tasikmalaya ada kerugian  senilai Rp129 juta.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra menuturkan, pihaknya terus melakukan upaya pencegahan tindak pidana korupsi kepada pemerintahan desa hal ini untuk menghindari terjadinya penyelahgunaan uang negara yang mengalir cukup deras. ((idn)

Pos terkait