Hasil Akhir Liga Shopee 2019: Persija Selamat dari Degradasi, Bali United Juara

  • Whatsapp
Persija

JURNALPRIANGAN.com: Pekan ke-32 Liga 1 2019 yang berlangsung Rabu (11/12/2019) sampai Jumat (13/12/2019) membuat kepastian akhir. Pertama mengukuhkan Bali United sebagai juara Liga 1 2019, dan kepastian kedua Persija Jakarta, selamat dari degradasi ke Liga 2 musim depan.Lolosnya macan kemayoran itu setelah menghajar Madura United 4-0 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat kemarin.

Gol tersebut dicetak Marko Simic, dan gol lainnya dicetak Ramdani Lestaluhu. Kemenangan besar atas Madura United mengejutkan, sebab MU dalam tiga pertandingan terakhir sulit dikalahkan. Oleh karena itu kemenangan ini, Persija menempati peringkat ke-12 dengan mengoleksi 41 poin dalam dua pertandingan sisa.Dengan demikian Persija sudah dipastikan selamat dari zona degradasi meninggalkan, Badak Lampung FC, yang mengantongi 33 poin di peringkat 16.

Namun Persjia tampaknya harus bersyukur karena hasil negatif Badak Lampung yang keok 2-3 saat menjamu Bhayangkara FC sehari sebelumnya. Nasib naas dialami Semen Padang yang keok di kandang PSIS 0-2. Kekalahan itu makin membuyarkan harapan untuk tetap berada di Liga I, artinya Semen Padan harus turun kasta ke Liga 2 musim depan.

Dan akhirnya tiga tim harus terdegradasi, masing-masing Badak Lampung, Semen Padang dan Kalteng Putra. Kalteng Putra terdegradasi setelah bermain imbang 0-0 dengan Persipura.

Tuntutan untuk melepaskan diri dari jerat degradasi rupanya membuat tim-tim di sekitar zona merah tampil trengginas dan habis-habisan pekan ini.

Buktinya, para penghuni peringkat 11-15 kompak meraih kemenangan di pekan ke-32.

Selain Persija, mereka adalah PSIS, Tira Persikabo, Barito Putera, dan Persela Lamongan.

Performa layak disorot ditampilkan oleh Tira Persikabo, yang akhirnya sukses mengakhiri tren buruk tak pernah menang dalam 16 partai beruntun Tira menuntaskan dahaga tripoin sejak Agustus lalu dengan kemenangan 1-0 di kandang sang juara musim ini, Bali United.

Satu gol dari Osas Saha cukup memberikan kemenangan pertama di era kepelatihan Igor Kriushenko sekaligus menodai rekor apik Bali United di kandang. Bagi Bali United, inilah kekalahan pertama yang mereka alami di Stadion Kapten I Wayan Dipta di Liga 1 2019.

Sebelumnya, mereka tak pernah kalah dengan membukukan rekor 13 kemenangan dan 2 kali imbang dalam 15 partai home. Kini Bali United bersama Arema FC dan Persebaya merupakan tim pemilik kekalahan paling sedikit di partai kandang dengan sama-sama sekali takluk saja.(*)

source:bolasport.com