Heboh Kepala SD Meninggal di Mobil, Ini Tips Menhindari Keracunan AC

  • Whatsapp
keracunan AC mobil
perawatan mesin mobil Foto google

TASIKMALAYA, JURNALPRIANGAN.com: Kematian Kepala SD di Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya bikin geger. Tak ada tanda-ntada kekerasan dalam tubuh korban. Dugaan sementara korban keracunan AC mobil. Untuk memastikan penyebab kematian korban, dibutuhkan proses autopsi. Namun, keluarga korban menolak jenazah korban diautopsi.

“Penyebab kematian korban belum bisa kami simpulkan karena memang kondisi korban saat itu sudah meninggal dunia, tidak ada tanda-tanda kekerasan dan mesin kendaraan masih hidup,” ujarnya kata Kasatreskrim Polres Kota Taskmalaya.

Muat Lebih

Seperti diberitakan, korban ditemukan tewas di dalam mobil Avanza dengan nomor polisi D 1469 ACU, Rabu (4/12/2019). Mobil itu terparkir di pinggir jalan raya Gentong di Desa Pamoyanan, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di depan sebuah masjid.

Posisi korban jongkok di bagian bawah jok tengah mobil dengan wajah tertelungkup ke jo. Tubuh korban juga sudah mulai mengeluarkan bau tak sedap dan beberapa bagian tubuhnya dalam keadaan melepuh. Sementara mesin mobil masih hidup. Sementara celana dalam korban ditemukan berada di bagian jok depan mobil.

Penemuan mayat ini pun menggemparkan warga. Menurut keterangan warga setempat, mereka memang melihat kendaraan korban terparkir di depan sebuah masjid di jalan raya Gentong, Desa Pamoyanan. Mereka sempat melihat korban di mobil sambil memeriksa telepon seluler (ponsel).

Sebera bahayakah  AC mobil yang beracun? Dr. Rita Khairani, M.Kes, Sp.P. menjelaskan racun AC berbahaya kalau mobil sedang berhenti dan AC-nya menyala. Sebab kalau proses pembakaran di dalam mesin tidak sempurna, justru akan menghasilkan gas karbonmonoksida. Lalu, gas yang keluar dari mesin ini dapat masuk ke dalam mobil sehingga kabin yang sempit lama-kelamaan bisa dipenuhi gas karbonmonoksida.

Bahayanya kalau gas karbonmonoksida sudah masuk ke dalam mobil, dalam waktu singkat, ia akan menyingkirkan oksigen yang ada di sana. Akibatnya, bisa menghalangi hemoglobin dalam darah dalam mengikat oksigen dan mengalirkannya ke seluruh tubuh hingga ke paru-paru dan otak. Apabila suplai oksigen emakin berkurang, bisa berbahaya bagi jaringan dalam tubuh dan mengakibatkan kematian.

Tips Agar Terhindar dari Keracunan AC

  1. Cek rutin mesin kendaraan Anda. Sebab biasanya sistem exhaust yang bocor bisa menyebabkan gas karbonmonoksida terjebak di dalam kendaraan.
  2. Kalau memanaskan mobil  buka pintu dan jendela supaya ada udara masuk.
  3. Kalau mesin mobil jalan jangan langsung menyalakan AC tapi bukalah terlebih dahulu jendela mobil agar udara di dalam bisa tergantikan dengan udara yang lebih segar. Terakhir, jangan beristirahat di dalam mobil ketika AC masih menyala dan semua jendela tertutup rapat.

editor; Revaz Alfansuri

 

Pos terkait