Ini Dia Harga Tiket dan Jadwal Kereta Pangandaran Selama Liburan 2019

  • Whatsapp
tiket kereta pangandaran
peresmian kereta pangandaran beberapa waktu lalu (fotonet)

BANJAR, JURNALPRIANGAN.com: Banyak yang cari tiket kereta Pangandaran pada Libur sekolah yang dimulai pekan ini. Memang Pangandaran adalah salah satu tempat liburan pavorit. KA Pangandaran memang hanya berhenti sampai di Stasiun Banjar, tapi dari Banjar ke Pangandaran bisa nik bus.

Jarak tempuh Banjar-Pangandaran sekitar 74 km, dengan waktu tempuh sekitar 1.5 jam. Menghemat waktu jika naik bus Jakarta-Pangandaran sekitar 6 jam jika normal. Kalau menggunakan KA Pangandaran bisa ditempuh sekitar 4 jam 37 menit.

Muat Lebih

Adapun jadwal KA Pangandaran sbb:

1.KA 12410 Relasi Gambir – Bandung – Banjar : berangkat Gambir pukul 07.50 WIB, datang Bandung pukul 11.07 WIB, berangkat Bandung pukul 11.40 dan tiba di Banjar pukul15.56 WIB.

2.KA 12379 Relasi Banjar – Bandung : berangkat Banjar pukul 16.20 WIB, datang Bandung pukul 20.34 WIB.

3.KA 12412 Relasi Bandung – Banjar : berangkat Bandung pukul 09.10 WIB, datang Banjar pukul 13.03 WIB.

4.KA 12377 Relasi Banjar -Bandung – Gambir : berangkat Banjar pukul 13.55 WIB, tiba di Bandung pukul 18.34 WIB, berangkat Bandung pukul 19.05 WIB, dan tiba di Gambir pukul 22.34 WIB.

Harga tiketnya

Gambir-Banjar (pp): Kelas Eksekutif Rp150.000
Kelas Ekonomi Premium Rp110.000

Gerbong KA Pangandaran terdiri dari empat unit masing-masing kereta eksekutif dan empat unit kereta ekonomi premium dengan kapasitas total 520 tempat duduk.

Tujuan dioperasikannya KA Pangandaran sebagi bentuk dukungan KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI). Dan yang lebih penting lagi meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya dan perekonomian di Jawa Barat.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyatakan jika banyak penumpang di Stasiun Banjar. Pemda Pangandaran akan menjemput wisatawan dari Stasiun. Bus tersebut tidak gratis tapi hanya untuk sopir dan mengganti bahan bakar saja. Tersedianya bus tersebut hanya sementara sambil menunggu pihak swasta untuk ikut berperan. Karena ia tidak ingin mematikan perusahaan otobus yang sudah ada.

Jeje berharap sekali pengaktifan kembali jalur kereta api menuju ke Pangandaran. “Saya akan sangat bahagia kalau jalur kereta itu aktif kembali bisa dibayangkan bagaimana membludaknya wisatawan ke Pangandaran,” katanya.

Namun masalahnya kata Jeje, pengaktifan kembali jalur kereta ke Pangandaran terbentur penertiban lahan. Makanya Pemkab Pangandaran siap membantu penertiban tersebut. Jeje menegaskan bila dilakukan secara serius tidak menutup kemungkinan dalam waktu 4-6 bulan penertiban bisa selesai dilaksanakan.

“Kami akan bekerja keras untuk penertiban lahan tersebut mudah mudahan tahun depan selesai,” katanya.

Kereta Pangandaran
https://katadata.co.id/

 

Pos terkait