KA Galunggung Diserbu, Warga Tasik Pilih Malam Tahun Baruan di Bandung

  • Whatsapp
KA Galunggung

TASIKMALAYA, JURNALPriangan.com: Warga Tasikmalaya lebih suka menghabiskan malam tahun baru di Kota Bandung. Buktinya ribuan orang menyerbu Suasana Stasiun Kereta Api (KA) Tasikmalaya untuk naik KA Galunggung jelang malam pergantian tahun baru 2020. Selain ke Bandung mereka juga banyak yang naik kereta ke Jakarta.

Pantauan jurnalpriangan.com pada Senin (30/12/2019) siang dan sore, sekitar 1200 warga Tasikmalaya berebut naik kereta Galunggung rute Bandung, Kiaracondong. Keramaian penumpang memang tak seperti hari biasanya. Paling menjelang akhir pekan, KA Galunggung selalu ramai penumpang. Hal ini dibenarkan Kepala Stasiun Tasikmalaya, Syaeful Mukmin. Menurutnya, jelang akhir tahun baru memang ada kenaikan signifikan.

Muat Lebih

“Sejak Minggu (29/11) memang ada lonjakan penumpang. Mereka adalah warga Tasikmalaya yang hendak libur akhir tahun, biasanya penumpang melonjak saat akhir pekan biasanya penumpang meningkat, tapi sekarang naiknya mencapai 100 persen,” katanya

Menurut dia ada perubahan kebiasan warga Tasikmalaya menjelang malam pergantian tahun, biasanya mereka berlibur ke arah Timur seperti ke Jogyakarta atau Pangandaran tapi kali ini. Warga Tasikmalaya memilih ke Bandung. Apalagi harga tiket KA Tasikmalaya Bandung terjangkau. “Sekarang kan keretanya nyaman, harganya murah lagi,” katanya.

Harga Tiket KA Galunggung

Tiket KA Galunggung dijual di kisaran Rp75.000-90.000. Sedangkan jarak dekat sebesar Rp 25.000-50.000. Tarif KA Pangandaran untuk rute Gambir-Banjar pp yang sebelumnya Rp150.000 untuk kelas Eksekutif menjadi Rp250.000 dan Rp110.000 untuk kelas Premium menjadi Rp160.000. Lalu untuk KA Pangandaran rute Bandung-Banjar pp, yang sebelumnya Rp1.000 menjadi Rp100.000 untuk kelas Eksekutif dan Rp50.000 untuk kelas Premium. Sedangkan untuk rute Gambir-Bandung pp tetap mengikuti tarif KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp).

Rute KA Galunggung

KA Galunggung berjalan sesuai rute Kiaracondong, Cimekar, Rancaekek, Cicalengka, Nagreg, Leles, Cibatu, Cipeundeuy, Ciawi, Tasikmalaya. ((edi kusnadi)

baca juga: Ini Harga dan Jadwal KA PANGANDARAN

Pos terkait