Kapasitas Lapas Tasikmalaya Overload: Idealnya 88 Napi, Malah Dihuni 341 Napi

  • Whatsapp
foto: initasik.com

TASIK, JURNALPriangan.com: Duh..! sangat memprihatinkan, kondisi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tasikmalaya melebih kapasitas. Para warga binaan tampak berdesakan. Selain itu kesan kumuh tampak terlihat di Lapas yang berlokasi di Jalan Masjid Agung Taman Kota Tasikmalaya itu,

Kepala Lapas Kelas II B Tasikmalaya, Tunggul Buwono mengakui bahwa Lapas melebihi kapasitas, seharunya diisi 88 napi malah diisi 341 warga binaan. Dari jumlah itu ada 13 napi perempuan di lapas itu, enam orang tahanan titipan dari Polres Tasikmalaya Kota dan tujuh orang merupakan warga binaan.

Read More

“Dari kapasitas itu sudah jelas kalau lapas ini paling kecil dan paling padat. Tapi, kondisinya demikian,” kata dia usai melakukan penggeledahan di Lapas Tasikmalaya, Ahad (15/12).

Melansir Republika.co.id yag melakukan kunjungan ke lapas,  satu kamar sel yang seharusnya dihuni tujuh napi malah diisi  30 orang. Tempat tidur para narapidana pun disekat menjadi dua tingkat menggunakan kayu dan papan.

Ada yang tidurnya di atas, sementara sisanya ngampar di bawah. Kondisi itu tentu meningkatkan potensi kehadiran barang-barang terlarang di dalam lapas. (eez)

Related posts