Mau ke Pamijahan dan Panjalu, Bus Rombongan Peziarah Terbakar di Ciamis

  • Whatsapp

CIAMIS, JURNALPriangan.com: Warga Bogor yang hendak ziarah ke Situ Panjalu terganggu. Sebab bus pariwisata bernopol D 7811 AC yang membawa rombongan terbakar di Dusun Manis, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Minggu (15/12/2019). Kejadian tersebut sempat membuat heboh warga, meski tak ada korban jiwa tapi beberapa peziarah tampak syok.

Informasi yang dihimpun jurnalpriangan.com dari tempat kejadian perkara, bus tersebut memuat sebanyak 65 penumpang, berasal dari Cibinong dan berangkat pukul 05.30. Mereka kemudian singgah di Makam Gunung Jati Cirebon dan akan melanjutkan ziarah ke Makam Eyang Prabu Borosngora di Situ Lengkong Panjalu.

Namun saat perjalanan masuk ke wilayah Panwangan, bus mengalami gangguan. Sopir sebenarnya sudah mencium bau kabel terbakar. Kemudian bus tersebut berhenti di dekat Masjid Al-Hidayah Cinyasag. Beberapa saat kemudian bus ngebul. “Asap terlihat dari bagian body. Ini disebabkan korsleting kabel accu bus sehingga mengeluarkan percikan api dan membakar mesin,” kata Holiqul Makmur, sopir bus tersebut.

Menurutnya kondisi bus baik-baik saja dari Bogor, namun aneh memasuki Cinyasag ada sedikit gangguan.

PENUMPANG PANIK

Baca juga:Masjid Agung Ciamis Pernah Dibakar DI/TII, Kini Paling Megah di Jabar Selatan

Begitu meihat ada asap ngebul dari body bus, penumpang berhamburan keluar. Siang itu banyak warga Panwangan yang melihat dan memberikan pertolongan kepada korban. Penumpang ditampung di Masjid Al Hidayah, Desa Cinyasag. Mereka menunggu di masjid sembari menunggu bus pengganti datang,” ujar Cece. Menurut dia, tidak ada korban pada peristiwa ini. Beberapa korban hanya mengalami lecet-lecet karena berebut keluar bus. “Berdesakan keluar bus menyelamatkan diri,” jelasnya.

Kasubag Humas Polres Ciamis, Inspektur Satu Iis Yeni kepada membenarkan kejadian itu, tak ada korban jiwa. Namun perjalanan para peziarah sempat terganggu.