Mencari Induk Ular Kobra di Kota Banjar, Kalau Ketemu Jangan Langsung Ditangkap

  • Whatsapp
ular kobra

BANJAR, JURNALPRIANGAN.com:  Kemunculan ular kobra di Tasikmalaya dan terakhir di Kota Banjar mengagetkan dan bikin heboh. Yang terkini, puluhan ular kobra terlihat di dalam sumur Masjid Nurul Falah di Lingkungan Dusun Cipariuk, Desa Neglasari, Kota Banjar. Puluhan anak ular itu sudah berhasil diangkat oleh pawangnya dari Komunitas Reptil kota Banjar. Namun induknya masih belum ketemu.

“Kalau induknya mah belum ketemu, memang sifat ular kobra demikian, biasanya telur dan anaknya langsung ditingalkan tak dierami,” kata Dede.

Muat Lebih

Rahman salah seorang warga setempat, sempat melihat induk ular beberapa waktu lalu di belakang masjid. Namun dia tak mengetahui ada puluhan anak ular kobra di sumur. Penemuan anak ular tersebut pertama kali ditemukan Maesaroh warga setempat yang hendak mengambil air untuk bersih-bersih masjid dan persediaan air wudlu.

“Saat menimba air, ih ada ular nyangkut di ember, saya langsung loncat dan memberi tahu warga,” katanya.
Dia mengaku tak pernah melihat induk ular. Makanya Saroh minta kepada warga atau pawang untuk segera menangkap induk ular tersebut karena bisa saja setiap saat datang.

Namun tak mudah menangkap induk ular kobra warga diimbau untuk tidak sembarangan membunuh ular kobra apabila bertemu dengan reptil tersebut.
Komunitas Taman Belajar Ular Indonesia mengatakan, membunuh ular kobra secara sembarangan justru bisa membahayakan manusia.
Biasanya warga membunuh ular dengan menghancurkan kepalanya.

“Kita khawatirkan bisa nya itu kemana-mana, pecahannya itu,” kata Igor di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (18/12/2019).

baca juga: 15 Ular Kobra Teror Warga Tasik, Suami-isteri Ngungsi di Mertua

Saat bisa ular itu berpencar, dapat mengenai mata manusia atau cipratan bisanya di lantai dapat terinjak kaki yang ada bekas luka.

Igor menyebutkan, bisa ular yang terkena luka sama berbahayanya dengan terkena gigitan ular kobra. “Reaksinya sangat cepat mungkin setengah detik. Kalau bisa ular kena darah bisa langsung membentuk kristal dan bisa jadi juga menimbulkan kematian,” ujar Igor.

Menurut dia bisa ular yang sudah mengkristal di dalam darah dapat berakibat fatal bagi manusia. Oleh karena itu dia menyarankan kepada warga yang melihat ular kobra jangan sembarangan harus yang berpengalaman dalam mengevakuasi ular. (ded)

Pos terkait