Proses Pengangkatan Wakil Bupati Tasikmalaya Rumit, Ini Masalanya

PADAHAL SELANGKAH LAGI

Sebenarnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah lama menunggu pengajuan dari pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk a mengisi kekosongan posisi wakil bupati Tasikmalaya. Namun entah di mana macetnya, sampai saat ini kursi itu masih kosong.

Bacaan Lainnya

DPRD Kabupaten Tasikmalaya akan menjajaki bikin pantek lagi melalui Banmus. Anggotanya terdiri dari beberapa perwakilan anggota fraksi. Tugas pantek dalam tahapan mekanisme pengisian jabatan wakil bupati

Ami menjelaskan pantek itu terdiri dari beberapa perwakilan anggota fraksi di DPRD, untuk jumlahnya bisa tujuh anggota bahkan lebih. “Jadi anggota pantek ini, bisa sesuai jumlah fraksi di DPRD, bisa juga perwakilan dua orang per fraksi, seperti pansus lah,” jelas dia.

Tugas pantek ini, lanjut dia, dalam tahapan mekanisme pengisian jabatan wakil bupati, sebenarnya tinggal melanjutkan saja rumusan yang sudah dibuat, tidak dari nol lagi. “Karena pantek yang dibentuk sebelumnya sudah bekerja setengah jalan, jadi mekanisme dan tata cara pemilihan sudah disusun, tinggal melanjutkan saja pantek baru yang akan dibentuk nanti,” papar dia.

Lanjut dia, mekanisme pemilihan dua nama wakil bupati akan dibahas oleh pantek, baik itu menggunakan sistem voting atau aklamasi musyawarah mufakat, tergantung nanti keputusan dari tim pantek ini seperti apa mekanismenya

Pos terkait